Penulis Utama : Fajrina Nur Farida
NIM / NIP : S851402016
×

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) manakah yang memberikan prestasi belajar lebih baik pada materi sistem persamaan linier dua variabel antara model pembelajaran PBL, model pembelajaran DL atau model pembelajaran langsung; (2) manakah yang memberikan prestasi belajar yang lebih baik, siswa yang termasuk  dalam kelompok AQ climbers, AQ campers atau AQ quitters; (3) pada masing-masing tingkat AQ, manakah yang memberikan prestasi belajar lebih baik pada materi sistem persamaan linier dua variabel antara  model pembelajaran PBL, model pembelajaran DL atau model pembelajaran langsung; (4) pada masing-masing model pembelajaran, manakah yang mempunyai prestasi belajar lebih baik pada materi sistem persamaan linier dua variabel, siswa dengan AQ climbers, AQ campers atau AQ quitters.

Jenis penelitian ini adalah eksperimental semu dengan desain faktorial 3 x 3. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa MTs Negeri di Kabupaten Madiun tahun akademik 2015/2016. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik stratified cluster random sampling. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Negeri Sidorejo, MTs Negeri Kembang Sawit, dan MTs Negeri Doho. Teknik analisis data menggunakan analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama dengan taraf signifikansi 5%. Uji pasca anava yang digunakan yaitu uji komparasi ganda dengan metode Scheffe.

Kesimpulan penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Model PBL memberikan prestasi belajar matematika yang sama dengan model DL, Model DL memberikan prestasi belajar matematika yang lebih baik daripada pembelajaran langsung, Model PBL memberikan prestasi belajar matematika yang sama dengan pembelajaran langsung. (2) Prestasi belajar matematika siswa tingkat AQ climbers sama dengansiswa tingkat AQ campers, prestasi belajar matematika siswa tingkat AQ campers sama dengansiswa tingkat AQ quitters, prestasi belajar matematika siswa tingkat AQ climbers lebih baik daripadasiswa tingkat AQ quitters. (3) <!--[if !mso]-->

<!--[endif]-->

79

<!--[if !mso]--><!--[endif]--> Pada masing masing tingkat AQ menunjukkan bahwa siswa yang mendapat model pembelajaran PBL dan DL mempunyai prestasi belajar yang sama, siswa yang mendapat model pembelajaran DL mempunyai prestasi belajar yang lebih baik dibandingkan dengan siswa yang mendapat pembelajaran langsung, siswa yang mendapat model pembelajaran PBL dan pembelajaran langsung mempunyai prestasi belajar yang sama. (4) Pada tiap-tiap jenis model pembelajaran menunjukkan bahwa siswa dengan AQ climbers memiliki prestasi belajar yang sama dengan siswa dengan AQ campers. Siswa dengan AQ campers memiliki prestasi belajar yang sama dengan siswa dengan AQ quitters. Prestasi belajar siswa dengan AQ climbers lebih baik dibandingkan dengan siswa dengan AQ quitters.

Kata kunci: Problem Based Learning (PBL), Discovery Learning (DL), Adversity Quotient (AQ)

×
Penulis Utama : Fajrina Nur Farida
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S851402016
Tahun : 2016
Judul : Eksperimentasi Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dan Discovery Learning (DL) Pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel Ditinjau Dari Adversity Quotient (AQ) Siswa Kelas VIII MTs Negeri Kabupaten Madiun Tahun Pelajaran 2015/2016
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak.KIP - 2016
Program Studi : S-2 Pendidikan Matematika
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak.KIP Prodi Pendidikan Matematika - S851402016 - 2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Drs. Tri Atmojo Kusmayadi, M.Sc., Ph.D
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.