Penulis Utama : Aldio Meinanda Putra
NIM / NIP : F1214007
×

ABSTRAK

Penelitian ini dilakukan untuk melihat dampak dari strategi perluasan merek terhadap suatu merek induk. Dalam beberapa penelitian disebut dengan efek timbal balik. Secara spesifik penelitian ini meneliti apakah terjadi perubahan sikap konsumen terhadap merek induk setelah perluasan merek dilakukan. Sikap konsumen terhadap merek perluasan digunakan untuk melihat perubahan sikap pada merek induk. Variabel perceived fit dan parent brand image digunakan untuk melihat evaluasi konsumen terhadap perluasan merek.

Metode kuantitatif digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan kuesioner yang ditujukan pada responden. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sebanyak 200 responden. Teknik pengambilan sampel dengan non-probability sampling dengan purposive sampling, kriteria yang digunakan yaitu yang mengenal dan pernah menggunakan produk ekstensi Xiaomi. Dengan objek penelitian merek Xiaomi sebagai merek induk dan Xiaomi Yi sebagai merek perluasan. Pengujian reabilitas dan validitas dalam penelitian ini menggunakan bantuan software SPSS 16.0. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan metode Structural Equation Modelling (SEM) dengan bantuan software AMOS 18.0.

Hasil menunjukkan bahwa setiap hipotesis dalam penelitian ini diterima dan memiliki hubungan yang signifikan. Persepsi kesesuaian antara produk perluasan dan produk induk dapat menjadi kunci keberhasilan dalam strategi perluasan merek. Sikap positif dari konsumen terhadap merek perluasan akan menjadi nilai lebih kepada suatu merek induk kedepannya.

 Kata kunci : perluasan merek, citra merek, persepsi kesesuaian, merek induk, reciprocal, dampak timbale balik

×
Penulis Utama : Aldio Meinanda Putra
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F1214007
Tahun : 2016
Judul : Analisis Feedback Effect Dalam Perluasan Merek Pada Merek Xiaomi
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak.Ekonomi dan Bisnis - 2016
Program Studi : S-1 Manajemen Non Reguler
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak.Ekonomi dan Bisnis Jur.Manajemen - F1214007 - 2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Soemarjati Tjokroamidjojo, M.M.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.