Penulis Utama : Adnan Husada Putra
NIM / NIP : K8412001
×

Penelitian ini bertujuan mengetahui: (1) Perbedaan penggunan metode Cooperative Reading and Composition (CIRC) dan metode Problem Based Learning (PBL) terhadap prestasi belajar sosiologi siswa (2) Pengaruh penggunaan metode Cooperative Reading and Composition (CIRC) dan metode Problem Based Learning (PBL) terhadap prestasi belajar sosiologi siswa (3) Seberapa besar pengaruh penggunaan metode Cooperative Reading and Composition (CIRC) dan metode Problem Based Learning (PBL) terhadap prestasi belajar sosiologi siswa. Adapun penelitian dilakukan pada kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Gondang. Penelitian ini termasuk peneletian kausal komparatif bentuk penelitian semua. Populasi penelitian adalah seluruh siswa SMA Negeri 1 Gondang Tahun pelajaran 2015/2016. Sampel penelitian sebanyak dua kelas diambil dengan teknik multistage cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data mengunakan analisi uji-t ganda Scheffe.
Hasil peneletian menunjukkan: (1) ada perbedaan penggunaan metode CIRC dan metode PBL terhadap prestasi belajar sosiologi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Gondang. Hal ini dapat dilihat dari perhitungan analisis data yang menunjukkan bahwa ada perbedaan mean sebesar 10,13. Perbedaan ini merupakan selisih dari mean metode CIRC yaitu sebesar
52,67 dengan mean metode PBL yaitu sebesar 62,8 dengan harga t sebesar 4,014 dan ρ = 0,000 (sangat signifikan). (2) ada pengaruh penggunaan metode CIRC dan metode PBL terhadap prestasi belajar sosiologi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Gondang. Hal ini dapat dilihat dari harga F sebesar 16,115 dengan tingkat signifikansi 0,000 (sangat signifikan). (3) besar pengaruh penggunaan metode CIRC dan metode PBL terhadap prestasi belajar sosiologi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Gondang sebesar 21%.
Kesimpulan penelitian ini adalah ada perbedaan penggunaan metode Cooperative Reading and Composition (CIRC) dan metode Problem Based Learning (PBL) terhadap prestasi belajar sosiologi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Gondang. Nilai rata-rata kelas metode Problem Based Learning (PBL) lebih tinggi daripada nilai rata-rata kelas metode Cooperative Reading and Composition (CIRC). Metode belajar memberikan pengaruh terhadap prestasi belajar sosiologi siswa yaitu sebesar 21% . Selebihnya sebesar 79% dipengaruhi oleh variabel-variabel lain yang tidak diteliti oleh peneliti.
Kata Kunci : Prestasi Belajar Sosiologi, Metode Cooperative Reading and Composition
(CIRC), Metode Problem Based Learning (PBL).

×
Penulis Utama : Adnan Husada Putra
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K8412001
Tahun : 2016
Judul : Komparasi Metode Pembelajaran Circ dan Metode Pembelajaran PBL Serta Pengaruhnya Terhadap Prestasi Belajar Sosiologi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Gondang Tahun Pelajaran 2015/2016
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Sosiologi Antropologi
Kolasi :
Sumber : UNS-F. KIP Jur. Pendidikan Sosiologi Antropologi-K.8412001-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Noor Muhsin Iskandar, M.Pd
2. Dr. Zaini Rohmad M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.