Penulis Utama : Asmo Purbo Pranowo
NIM / NIP : S411308003
×

Salah satu industri pengolahan ikan yang sedang berkembang di Kabupaten Pacitan saat ini adalah pengolahan surimi dengan baku ikan tuna. Hasil akhir dari pengolahan surimi ini adalah produk olahan ikan tuna dalam bentuk setengah jadi. Adanya perkembangan teknologi dan perubahan pola konsumsi masyarakat modern yang menginginkan produk olahan yang bersifat praktis, mudah, cepat cara penyajiannya serta bernilai gizi baik merupakan peluang bagi POKLAHSAR produk olahan ikan tuna. Namun demikian dengan tingkat persaingan yang semakin tinggi di era globalisasi ini, POKLAHSAR diharapkan tetap memiliki nilai daya saing yang kuat  dan tetap eksis dalam persaingan. Oleh karena itu dalam pengembangan usaha dituntut agar dapat merencanakan atau menyusun formulasi strategi pemasaran yang tempat  untuk mencapai keunggulan bersaing yang berkesinambungan.

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengambilan sampel melalui Purposive Sampling. Total jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 7 (tujuh) kelompok. Alat analisis yang digunakan adalah analisis SWOT dengan teknik analisis IFE (Internal Factor Evaluation), EFE (Eksternal Factor Evaluation) dan IE (Internal - Eksternal).  

Berdasarkan hasil analisis SWOT menunjukkan bahwa posisi POKLAHSAR produk olahan ikan tuna berada pada Kuadran I, yaitu Strategi Agresif. Berdasarkan posisi tersebut, maka alternatif strategi yang dapat digunakan oleh POKLAHSAR produk olahan ikan tuna yaitu strategi SO (Strength - Opportunity) yang antara lain adalah : 1) Memperluas jaringan distribusi; 2) Membangun loyalitas konsumen; 3) Pengembangan sarana dan prasarana pengolahan ikan; 4) Meningkatkan kualitas SDM; dan 5) Meningkatkan daya saing produk olahan ikan tuna melalui Sertifikasi Kelayakan Pengolahan (SKP).

Kata Kunci : Poklahsar, Strategi Pemasaran, Produk Olahan Ikan Tuna, SWOT.

 

×
Penulis Utama : Asmo Purbo Pranowo
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S411308003
Tahun : 2016
Judul : Strategi Pemasaran Produk Olahan Ikan Tuna Tingkat Pohlaksar Dalam Kerangka Industrialisasi Kelautan dan Perikanan di Kabupaten Pacitan
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2016
Program Studi : S-2 Manajemen
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Pascasarjana Progdi. Manajemen-S.411308003-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Tulus Haryono, M.Ek
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.