Penulis Utama : Ahmad Agus Nugroho
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F3313010
Tahun : 2016
Judul : Analisis Pengalihan Subsidi Bahan Bakar Minyak (BBM) Terhadap Kinerja Keuangan PT Pertamina (Persero) Periode 2011-2015
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak.Ekonomi dan Bisnis - 2016
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak.Ekonomi dan Bisnis Jur.Akuntansi - F3313010 - 2016
Subyek : KINERJA KEUANGAN
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK 

 

Pengalihan Subsidi BBM merupakan sebuah isu penting dari pemerintahan yang ada di Negara Indonesia selama beberapa tahun. Salah satu penyebabnya adalah penggunaan biaya subsidi yang berasal dari APBN. Subsidi BBM dinilai terlalu memberatkan APBN sehingga muncul isu pengalihan. Kebijakan pengalihan subsidi BBM dilakukan pada akhir tahun 2014. Partner kerjasama Pemerintah dalam hal ini adalah  PT Pertamina (Persero), sebagai produsen BBM bersubsidi di Indonesia. Kinerja keuangan PT Pertamina (Persero) sebelum dan sesudah pengalihan subsidi BBM inilah yang kemudian dianalisis oleh penulis guna mengetahui perbedaan yang terjadi.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja keuangan PT Pertamina (Persero) setelah dialihkannya subsidi Bahan Bakar Minyak (BBM) periode 2011-2015 berdasarkan rasio profitabilitas, rasio aktivitas dan rasio solvabilitas. Penelitian ini dilakukan dengan cara membandingkan rasio-rasio tersebut pada periode sebelum dialihkannya subsidi BBM (2011-2013) dengan periode setelah pengalihan subsidi (2014-2015).

Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa kinerja keuangan PT Pertamina (Persero) mengalami penurunan dari segi rasio profitabilitas dan rasio aktivitas, sedangkan untuk rasio solvabilitas tetap tidak mengalami perubahan.

Kata kunci: Kebijakan  Subsidi, Kinerja Keuangan, 

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Doc105.pdf
Cover.pdf
bab 1.pdf
bab 2.pdf
bab 3.pdf
bab 4.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Putri Permata Sari Husa S.E, M.Buss
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis