Penulis Utama : Abd Gaffar
NIM / NIP : S701408005
×

Penelitian ini merupakan penelitian dengan kajian permasalahan ‘hegemoni modernitas dalam sistem pelaksanaan tradisi Nyongkolan pada suku Sasak Lombok’.  Adapun tujuan penelitian ini diutamakan pada tiga pembahasan 1) Mengkaji bentuk hegemoni modernitas dalam sistem pelaksanaan tradisi Nyongkolan pada suku Sasak Lombok; 2) Menginterpretasi dinamika hegemoni modernitas dalam sistem pelaksanaan tradisi Nyongkolan pada suku Sasak Lombok; 3) Menganalisis implikasi hegemoni modernitas pada sistem pelaksanaan tradisi Nyongkolan pada kehidupan sosial budaya masyarakat suku Sasak Lombok. 

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan sumber data lapangan dan pustaka. Menggunakan metodologi penelitian analisis kajian budaya. Fenomena objek dianalisis dalam sudut pandang filosofis hermeneutik. Menerapkan teori kritis postruktural dan kajian posmodernisme dalam analisis permasalahan penelitian.

Hasil penelitian yang ditemukan, terdapat bentuk hegemoni modernitas dalam sistem pelaksanaan tradisi Nyongkolan Sasak Lombok pada piranti adat, kesenian pengiring, pakaian dan tata rias, praktik uang, efesiensi dan kepraktisan. Terdapat dinamika sistem pelaksanaan tradisi Nyongkolan Sasak Lombok akibat perkembangan sosial masyarakat Sasak kontemporer, globalisasi, dan kebijakan pembangunan. Terdapat implikasi hegemoni modernitas Nyongkolan berupa implikasi bentuk, aktivitas, dan respons dengan berkembangnya varian kesenian, sistem pelaksanaan lebih praktis, adanya selera budaya, gengsi sosial, pergeseran pemahaman budaya, dan wacana politik budaya.

Keyword: hegemoni, modernitas, sistem pelaksanaan, nyongkolan sasak, transformasi.   

×
Penulis Utama : Abd Gaffar
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S701408005
Tahun : 2016
Judul : Hegemoni Modernitas Dalam Sistem Pelaksanaan Tradisi Nyongkolan Sasak Lombok
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2016
Program Studi : S-2 Kajian Budaya
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Pascasarjana Progdi. Kajian Budaya-S.701408005-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Bani Sudardi, M.Hum
2. Prof. Sahid Teguh Widodo, S.S., M.Hum., Ph.D
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.