Penulis Utama : Mardian Dewi Pamungkas
NIM / NIP : K4212043
×

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan: (1) kualitas proses belajar siswa yang dilihat dari motivasi belajar siswa dalam pembelajaran menulis karangan narasi berbahasa Jawa; dan (2) kualitas hasil belajar siswa yang berupa keterampilan menulis karangan narasi berbahasa Jawa pada siswa kelas VII E SMP N 1 Banyudono melalui penerapan metode mind mapping dan penggunaan media gambar berseri berbasis IT.

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII E SMP N 1 Banyudono yang berjumlah 32 siswa. Sumber data berupa informan (guru dan siswa), peristiwa, dan dokumen. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, analisis dokumen, dan tes. Pengujian validitas data dalam penelitian ini dilakukan dengan triangulasi data dan triangulasi metode. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif komparatif dan teknik analisis kritis.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode mind mapping dan penggunaan media gambar berseri berbasis IT dapat meningkatkan:      (1) kualitas proses pembelajaran menulis karangan narasi berbahasa Jawa dilihat dari segi motivasi belajar siswa; dan (2) hasil belajar siswa yakni keterampilan menulis karangan narasi berbahasa Jawa mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Peningkatan tersebut dapat dilakukan dengan prosedur pembelajaran sebagai      berikut: (1) siswa diberikan satu tema dengan menampilkan gambar berseri bertema; (2) siswa membuat pusat peta pikiran di tengah kertas berupa gambar pusat peta pikiran; (3) siswa membuat cabang utama yang memancar langsung dari pusat peta pikiran; (4) siswa menulis kata kunci di atas cabang, panjang cabang disesuaikan dengan kata kunci; (5) siswa menambahkan gambar sesuai dengan kata kunci pada lembar mind mapping; dan (6) siswa mengembangkan mind mapping tersebut menjadi karangan narasi yang utuh.

Kata kunci: metode mind mapping, media gambar berseri berbasis IT, keterampilan menulis karangan narasi berbahasa Jawa.

×
Penulis Utama : Mardian Dewi Pamungkas
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4212043
Tahun : 2016
Judul : Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Berbahasa Jawa Melalui Penerapan Metode Mind Mapping dan Penggunaan Media Gambar Berseri Berbasis IT Pada Siswa Kelas VII E SMP N 1 Banyudono
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Sastra Jawa
Kolasi :
Sumber : UNS-F. KIP Jur. Pendidikan Bahasa Jawa-K.4212043-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Raheni Suhita, M.Hum
2. Djoko Sulaksono, S.Pd., M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.