Penulis Utama : Nur’aini Dwi Prasetyani
NIM / NIP : K6412054
×

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Strategi guru Pendidikan Kewarganegaraan dalam membangun sikap demokratis peserta didik untuk meningkatkan partisipasi politik di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Sumberlawang Sragen, (2) Persepsi peserta didik terhadap partisipasi politik di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Sumberlawang Sragen (3) Faktor pendukung dan faktor penghambat guru Pendidikan Kewarganegaraan dalam membentuk sikap demokratis peserta didik untuk meningkatkan partisipasi politik di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Sumberlawang Sragen.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, jenis deskriptif kualitatif. Sumber data diperoleh dari informan, tempat, peristiwa, dan dokumen. Teknik sampling menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Validitas data menggunakan trianggulasi data dan trianggulasi metode. Analisis data menggunakan model analisis interaktif.
Berdasarkan hasil penelitian maka dapat diambil kesimpulan bahwa: (1) Strategi guru PKn dalam membentuk sikap demokratis siswa untuk meningkatkan partisipasi politik sebagai berikut: a) Mengetahui karakteristik dari peserta didik, b) Membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang mendukung materi dan tujuan pembelajaran yang berkaitan dengan pembentukan sikap demokratis peserta didik c) Menerapkan pendekatan pembelajaran siswa aktif, strategi pembelajaran studi kasus, diskusi kelompok, presentasi, tanya jawab; model pembelajaran problem solving; metode pembelajaran inquiry; penilaian pembelajaran mengenai materi menampilkan peran serta politik partisipan, d) Menerapkan kegiatan bimbingan sikap demokratis kepada peserta didik dalam semua kompetensi dasar pada proses pembelajaran di dalam kelas, e) Melakukan koordinasi dengan pihak sekolah untuk membentuk sikap demokratis peserta didik saat diluar jam pelajaran PKn atau mata pelajaran yang lain, (2) Persepsi peserta didik mengenai partisipasi politik sudah baik, contohnya memahami pentingnya ikut serta dalam kegiatan partisipasi politik dan mampu menentukan sikap apabila mereka berada di tengah lingkungan masyarakat sebagai warga negara yang baik (good citizen), (3) faktor pendukung dan penghambat dari pelaksanaan strategi guru PKn dalam membentuk sikap demokratis peserta didik untuk meningkatkan partisipasi politik sebagai berikut: a) faktor pendukung yaitu: (i) stategi guru yang tepat dan sesuai dengan tujuan pembelajaran, (ii) dukungan dari pihak sekolah, (iii) fasilitas pembelajaran yang memadai, (iv) kondisi peserta didik yang mendukung pelaksanaan strategi guru; faktor penghambat adalah faktor internal dari peserta didik seperti sikap peserta didik ketika guru menjelaskan, dan faktor internal yaitu faktor lingkungan. Kata Kunci: Guru Pendidikan Kewarganegaraan, Sikap Demokratis, Partisipasi Politik

×
Penulis Utama : Nur’aini Dwi Prasetyani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K6412054
Tahun : 2016
Judul : Strategi Guru Pendidikan Kewarganegaraan dalam Membentuk Sikap Demokratis Peserta Didik Untuk Meningkatkan Partisipasi Politik (Studi di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Sumberlawang Sragen)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan-K.6412054-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Triana Rejekiningsih, SH., KN., M.Pd.
2. Erna Yuliandari, SH, MA.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.