Penulis Utama : Sonia
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I8713032
Tahun : 2016
Judul : Analisis Sistem Pengangkutan Sampah Kabupaten Karanganyar Dengan Metode Penyelesaian Vehicle Routing Problem
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak.Teknik - 2016
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak.Teknik Jur.Teknik Sipil - I8713032 - 2016
Subyek : SISTEM PENGANGKUTAN SAMPAH
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK

Sonia (I8713032). Analisis Sistem Pengangkutan Sampah Kabupaten Karanganyar Dengan Metode Penyelesaian Vehicle Routing Problem (VRP) (Studi Kasus: Kecamatan Karanganyar) 2016. Dibimbing oleh Ir. Budi Utomo, M.T.
Peningkatan jumlah sampah di Kecamatan Karanganyar ditunjang oleh sarana dan prasarana pengelolaan sampah yang mendukung supaya tidak terjadi penumpukan sampah. Studi analisis sistem transportasi sampah Kecamatan Karanganyar ini dilakukan untuk  mengetahui volume sampah di tiap Tempat Pembuangan Sementara (TPS), rute pengangkutan sampah, serta waktu yang dibutuhkan menuju Tempat Pembuangan Akhir (TPA). Tujuan dari penelitian ini adalah mengoptimalkan proses pengangkutan dengan satu kali putaran rute agar tidak terjadi penumpukan sampah pada beberapa wilayah pelayanan serta membuat rute pengangkutan yang efektif dan efisien pada setiap wilayah pelayanan yang ada. Pemecahan permasalahan rute menggunakan VRP yang akan menghasilkan rute yang meminimalkan waktu yang digunakan.
Rute yang dihasilkan dengan menggunakan VRP berhasil menghemat waktu 7 menit, serta dapat mengurangi penggunaan jumlah kendaraan pengangkut. Penggunaan metode ini dapat menghemat sebesar Rp. 1.376.482,-/tahun dan dari pengurangan penggunaan jumlah kendaraan Rp. 47.160.000,-/tahun.

Kata Kunci: vehicle routing problem (vrp), sistem pengangkutan sampah, Tempat Pembuangan Sementara (TPS), Tempat Pembuangan Akhir (TPA)

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Doc108.pdf
Cover.pdf
bab 1.pdf
bab 2.pdf
bab 3.pdf
bab 4.pdf
bab 5.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ir. Budi Utomo, M.T.,
2. Ir. Agus Hari, M.T.,
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik