Penulis Utama : Siti Latifah
NIM / NIP : K7412166
×

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akuntansi kelas X AK 2 SMK Batik 1 Surakarta dengan menerapkan Pendekatan Pembelajaran Somatis Auditori Visual Intelektual (SAVI).
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dengan setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, analisis dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X AK 2 SMK Batik 1 Surakarta yang berjumlah 36 siswa. Sumber data penelitian ini berasal dari guru dan siswa. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan tes. Validitas data menggunakan validitas isi dan triangulasi. Validitas isi digunakan untuk validitas tes dan triangulasi digunakan untuk validitas data yang telah diperoleh melalui observasi dan wawancara. Analisis data menggunakan teknik analisis kritis dan deskriptif komparatif. Prosedur penelitian penelitian ini menggunakan model spiral yang saling berkaitan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan pendekatan pembelajaran SAVI dapat meningkatkan hasil belajar siswa dari prasiklus ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II. Peningkatan hasil belajar siswa ditunjukkan dengan tercapainya indikator kinerja penelitian pada siklus II. Hasil belajar siswa pada ranah afektif siklus II mencapai 80,56% dengan kategori sangat tinggi. Hasil belajar siswa ranah afektif siklus II mencapai 82,50% dengan kategori baik. Hasil belajar siswa ranah psikomotorik siklus II mencapai 88,26% dengan kategori sangat baik.
Simpulan penelitian ini adalah penerapan pendekatan pembelajaran Somatis Auditori Visual Intelektual (SAVI) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akuntansi kelas X AK 2 SMK Batik 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2015/2016.
Kata kunci: Hasil belajar, Pendekatan Pembelajaran Somatis Auditori Visual Intelektual (SAVI)

×
Penulis Utama : Siti Latifah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7412166
Tahun : 2016
Judul : Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Akuntansi SMK Batik 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2015/2016
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Ekonomi Akuntansi
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Ekonomi BKK Pendidikan Akuntansi-K.7412166-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Sudiyanto, M.Pd.
2. Sri Sumaryati , S.Pd., M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.