Penulis Utama : Resita Dia Ambarsari
NIM / NIP : K7412146
×

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan bahan ajar Modul Praktik yang layak dan efektif untuk diterapkan pada pembelajaran praktik perbankan di ruang praktik bank mini di SMK Negeri 1 Karanganyar dalam rangka meningkatkan kompetensi keterampilan siswa dalam melaksanakan pembelajaran praktik perbankan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan (R&D). Prosedur penelitian yang digunakan mengacu pada design and development research menurut Borg and Gall yang meliputi 7 tahap pengembangan yaitu: (1) research and information collection, (2) planning, (3) develop preliminary form of product, (4) preliminary field testing, (5) main product revision, (6) main field testing, dan (7) operational product revision. Kelayakan modul diukur melalui validasi desain oleh ahli media, ahli materi, dan praktisi akuntansi serta tanggapan dari siswa. Keefektifan penggunaan modul diukur melalui nilai keterampilan siswa sebelum dan sesudah menggunakan modul. Subjek uji coba terdiri dari 9 siswa dalam uji coba coba skala kecil dan 36 siswa dalam uji coba lapangan, serta 21 siswa sebagai subjek eksperimen. Instrumen pengumpulan data yang digunakan terdiri dari catatan observasi dan wawancara sebagai data awal serta angket, lembar validasi dan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan: (1) bahan ajar Modul Praktik yang dikembangkan dinyatakan layak digunakan menurut hasil validasi oleh ahli/pakar maupun uji coba kelayakan oleh siswa, (2) bahan ajar Modul Praktik yang dikembangkan terbukti efektif untuk diterapkan pada pembelajaran praktik perbankan sehingga mampu meningkatkan kompetensi keterampilan siswa pada pembelajaran praktik perbankan.
Kata kunci: bahan ajar modul, pembelajaran praktik, kompetensi keterampilan

×
Penulis Utama : Resita Dia Ambarsari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7412146
Tahun : 2016
Judul : Pengembangan Bahan Ajar Praktik Perbankan Untuk Meningkatkan Kompetensi Siswa Pada Pembelajaran Akuntansi di SMK Negeri 1 Karanganyar
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Ekonomi Akuntansi
Kolasi :
Sumber : UNS-F. KIP Jur. Pendidikan Akuntansi-K.7412146-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Sudiyanto, M.Pd
2. Elvia Ivada, S.E., M.Si., Ak
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.