Penulis Utama : Welly Desi Prihantari
NIM / NIP : S841502020
×

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan keterampilan menulis cerpen antara siswa yang diajar dengan menggunakan pendekatan SAVI dan pendekatan Ekspositori; (2) perbedaan keterampilan menulis cerpen antara siswa yang memiliki motivasi berprestasi tinggi dan siswa yang memiliki motivasi berprestasi rendah; (3) interaksi antara pendekatan SAVI dan motivasi berprestasi terhadap keterampilan menulis cerpen.
Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain faktorial 2x2. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Negeri di kabupaten Kebumen; sampel penelitian diambil 50 siswa yang ada di SMA Negeri 1 Buluspesantren dan SMA Negeri 1 Mirit dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan angket. Tes digunakan untuk mengambil data keterampilan menulis cerpen; angket digunakan untuk menjaring data motivasi berprestasi siswa. Uji validitas tes keterampilan menulis cerpen menggunakan validitas konseptual. Uji validitas butir pernyataan angket motivasi berprestasi menggunakan rumus korelasi product moment. Uji reliabilitas tes keterampilan menulis cerpen dengan teknik uji reliabilitas rating, sedangkan uji reliabilitas butir pernyataan angket motivasi berprestasi dengan koefisien α cronbach. Uji normalitas menggunakan uji lillifors, sedangkan uji homogenitasnya menggunakan uji bartllett. Teknik Analisis data penelitian ini menggunakan teknik Analisis Varian Dua Jalan (ANAVA Dua Jalan).
Berdasarkan analisis data, dapat disimpulkan pertama keterampilan menulis cerpen yang diajar dengan pendekatan SAVI lebih baik daripada keterampilan menulis cerpen yang diajar dengan pendekatan ekspositori. Hal ini terlihat pada perolehan hasil Fh sebesar 60,185 > Ft sebesar 4,052 dengan db pembilang 1 dan db penyebut 46 pada taraf signifikan α = 0,05. Kedua, keterampilan menulis cerpen siswa yang memiliki motivasi berprestasi tinggi lebih baik dari pada keterampilan menulis cerpen siswa yang memiliki motivasi berprestasi rendah. Hal ini terlihat pada perolehan hasil Fh sebesar 29, 292> Ft sebesar 4,052 dengan db pembilang 1 dan db penyebut 46 pada taraf signifikan α = 0,05. Ketiga, ada interaksi antara pendekatan pembelajaran dan motivasi berprestasi dalam memengaruhi keterampilan menulis cerpen. Hal ini terlihat pada perolehan hasil Fh sebesar 5,712 > Ft sebesar 4,052 dengan db pembilang 1 dan db penyebut 46 pada taraf signifikan α = 0,05.
Kata Kunci: menulis, pendekatan, SAVI, ekspositori, motivasi

×
Penulis Utama : Welly Desi Prihantari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S841502020
Tahun : 2016
Judul : Pengaruh Pendekatan Somatis, Auditori, Visual, Intelektual (SAVI) dan Motivasi Berprestasi Terhadap Keterampilan Menulis Cerpen (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas XI SMA Negeri Kabupaten Kebumen)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2016
Program Studi : S-2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Megister Pendidikan Bahasa Indonesia-S.841502020-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr.St. Y. Slamet, M.Pd.
2. Prof. Dr. Retno Winarni, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.