Penulis Utama : Ayu Agustina
NIM / NIP : S254108005
×

Kontrol sosial digunakan masyarakat untuk menertibkan anggota masyarakat yang menyimpang termasuk pemuda yang berperilaku minum-minuman keras. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kontrol sosial pada perilaku minum-minuman keras pemuda Desa Sidomulyo Demangan Kecamatan Karangdowo Kabupaten Klaten.
Penelitian ini dilakukan di Dukuh Sidomulyo Desa Demangan Kecamatan Karangdowo Kabupaten Klaten. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Informan dipilih secara purposif dengan mendatangi pihak-pihak yang dianggap mengetahui permasalahan perilaku minum-minuman keras dan agen yang berperan melakukan kontrol sosial. Analisis data dilakukan dengan model analisis interaktif yang prosesnya meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Penelitian ini dikaji dengan teori fungsionalisme struktural dari Talcott Parsons dan teori kontrol sosial dari Hirschi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kontrol sosial pada perilaku minum-minuman keras cenderung lemah. Kontrol sosial yang dilakukan agen kontrol sosial mencakup tindakan preventif, represif dan koersif. Sejarah perilaku minum-minuman keras di Dukuh Sidomulyo diawali ketidaksanggupan masyarakat dalam menyerap nilai-nilai budaya Janggrungan. Faktor penyebab miras berasal dari dalam individu dan lingkungan luar. Perilaku minum-minuman keras dilakukan pemuda dengan intensitas satu minggu sekali; jenis miras beranekaragam antara lain:ciu jenewer, bir, anggur merah, oplosan, arak, vodka, mansion, chivas, red lebel, jack daniel. Miras berasal dari Bekonang, Kongsi, Pedan. Tempat minum-minuman keras selain dilingkungan Dukuh Sidomulyo juga di tempat karaoke dan night club.Dana untuk miras terkumpul dari uwol atau iuran sesama pemuda, pemuda yang pulang dari perantauan dan warga ketika hajatan pernikahan. Sanksi untuk perilaku miras dari keluarga berupa pukulan, dari tokoh kepolisian berupa membuat surat pernyataan dan tipiring. Sedangkan dari tokoh masyarakat dan tokoh agama tidak memberikan sanksi yang bersifat koersif.
Kata Kunci: Kontrol Sosial, Perilaku Minum-Minuman Keras, Pemuda

×
Penulis Utama : Ayu Agustina
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S254108005
Tahun : 2016
Judul : Kontrol Sosial Pada Perilaku Minum-Minuman Keras Pemuda Dukuh Sidomulyo Desa Demangan Kecamatan Karangdowo Kabupaten Klaten
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2016
Program Studi : S-2 Sosiologi
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Pascasarjana Progdi. Sosiologi-S.254108005-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Bagus Haryono, M.Si,
2. Dr. Argyo Demartoto, M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.