Penulis Utama : Dewi Puji Lestari
NIM / NIP : C0112010
×

Permasalahandalampenelitianiniadalah (1) Bagaimanakah wujudtindaktuturekspresif yang terdapatdalammeme berbahasaJawa di situsjejaringsosial?, (2) BagaimanakahpenyimpanganterhadapprinsipkesantunanJawa yang terdapatdalammeme berbahasaJawa di situsjejaringsosial?. Tujuanpenelitianiniadalah (1) Mendeskripsikanbentuk-bentuktindaktuturekspresif yang terdapatdalammeme berbahasaJawa di situsjejaringsosial, (2) MendeskripsikanpenyimpanganterhadapprinsipkesantuananJawa yang terdapatdalammemeberbahasaJawa di situsjejaringsosial.
Jenis penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah meme berbahasa Jawa dalam situs jejaring sosial seperti Facebook, BBM, Path, Bee Talk, We Chat, Instagram, WhatsApp, Line, KakaoTalk, dan Twitter tahun 2015. Data dalam penelitian ini adalah tuturan yang mengandung tindak tutur ekspresif dan tuturan yang menyimpang terhadap prinsip kesantunan Jawa yang terdapat dalam meme berbahasaJawa di situs jejaring sosial. Populasi penelitian ini mencakupkeseluruhan tuturan dalam meme berbahasa Jawa dalam situs jejaring sosial.Pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode simak dan metode catat. Metode analisis data yang digunakan adalah metode agih, metode padan, dan metode kontekstual.
Berdasarkan analisis dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Subjenis tindak tutur ekspresif yang terdapat dalam meme berbahasa Jawa dalam situs jejaring sosial adalah(a) mengejek, (b) mengeluh, (c) menolak, (d) menyindir, (e) mengungkapkan rasa sedih, (f) mengungkapkan kekesalan/jengkel, (g) mengungkapkan rasa heran, (h) mengungkapkan rasa kaget, (i) mengungkapkan harapan/keinginan, (j) mengungkapkan rasa takut, (k) membanggakan diri sendiri atau sombong, (l)mengungkapkan minta maaf, (m) mengungkapkan rasa marah, (n) mengungkapkan rasa syukur. (2) Penyimpangan terhadap prinsip kesantunan Jawa dalam meme berbahasa Jawa dalam situs jejaring sosial adalah (a) kurmat (hormat), (b) andhap-asor (rendah hati), (c) empan-papan (sadar akan posisi), (d)tepa slira (tenggang rasa).
Kata kunci : tindak tutur ekspresif, meme berbahasa Jawa, pragmatik

×
Penulis Utama : Dewi Puji Lestari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C0112010
Tahun : 2016
Judul : Tindak Tutur Ekspresif Meme Berbahasa Jawa dalam Situs Jejaring Sosial (Suatu Kajian Pragmatik)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Ilmu Budaya - 2016
Program Studi : S-1 Sastra Jawa
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Ilmu Budaya Jur. Sastra Daerah-C.0112010-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Dyah Padminingsih, M.Hum.
2. Drs. Yohanes Suwanto, M.Hum.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.