Penulis Utama : Satya Haprabu
NIM / NIP : S351402031
×

Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui dan menganalisa proses lelang yang dilakukan Kantor Pelayanan kekayaan Negara dan lelang (KPKNL) dalam perspektif hukum Islam atas benda jaminan hak tanggungan. Mengetahui mengenai kedudukan benda jaminannya yang didalam hukum Islam ada aturan aturan tertentu yang mengatur tentang jaminan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah yuridis empiris yang menitikberatkan pada penelitian lapangan. Data yang dipergunakan adalah data primer, yaitu data yang diperoleh melalui wawancara dengan para responden dan data sekunder, yaitu data yang diperoleh dari bahan pustaka. Dengan subyek penelitian terdiri dari responden dan narasumber. Analisa data yang digunakan adalah analisis kualitatif dengan maksud tidak semata-mata bertujuan untuk mengungkapkan kebenaran akan tetapi memahami kebenaran tersebut.
Hasil penelitian : 1) proses proses Lelang yang dilakukan di KPKNL terhadap barang jaminan Hak Tanggungan secara legal formal tidak menyalahi aturan dan dalam perspektif islam dapat dibenarkan selama disesuaikan dengan syariat islam yang mengatur mengenai jual beli, syahnya jual beli dan barang yang dijual di lelang dan konsep tawar menawar yang sah dan sesuai 2) Jaminan di dalam pembiayaan syariah belum sesuai dengan syariah terdapat akad-akad yang didalam penjaminannya dalam pratek masih mengacu ke konvensional, di pembiayaan syariah perjanjian dilakukan sesuai akad yang telah disepakati, terdapat hal-hal yang perlu diperhatikan dengan membedakan akad-akad yang ada tidak dalam konteks konsep hutang piutang yang ada di dalam perbankan konvensional, karena hal tersebut dapat menimbulkan rusaknya akad yang berpengaruh pada perbuatan hukum selanjutnya.
Kata Kunci : Lelang, Hak tanggungan, Pembiayaan syariah, Hukum Islam

×
Penulis Utama : Satya Haprabu
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S351402031
Tahun : 2016
Judul : Pelelangan Benda Jaminan Hak Tanggungan Pada Pembiayaan Syariah Dalam Perspektif Hukum Jual Beli Menurut Hukum Islam
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2016
Program Studi : S-2 Kenotariatan
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Pascasarjana Progdi. Kenotariatan-S.351402031-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Burhanuddin Harahap, SH., MH., MSI., Ph.D.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.