Penulis Utama : Dowes Ardi Nugroho
NIM / NIP : K7412059
×

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan pengaruh penerapan model pembelajaran talking stick dan model pembelajaran snowball throwing terhadap hasil belajar kewirausahaan siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Populasi penelitian meliputi seluruh siswa kelas X SMK Kristen 1 Surakarta. Sampel yang terpilih adalah kelas X Akuntansi dan X Administrasi Perkantoran. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik cluster sampling. Kelas X Akuntansi dengan jumlah peserta didik sebanyak 21 diberikan treatment dengan model pembelajaran talking stick dan kelas X Administrasi Perkantoran dengan jumlah peserta didik sebanyak 32 diberikan treatment dengan model pembelajaran snowball throwing. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dokumentasi dan tes tertulis. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis pada penelitian ini adalah uji beda (Independent Samples Test) dengan taraf signifikansi sebesar 5%. Sebelumnya dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas dengan menggunakan software SPSS 21.
Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar kewirausahaan antara kelas yang menggunakan model pembelajaran talking stick dan kelas yang menggunakan model pembelajaran snowball throwing terhadap hasil belajar kewirausahaan (Fhitung =10,687 >Ftabel 2,007584 ) pada taraf signifikansi 0,05 atau 5%.
Kata kunci: talking stick, snowball throwing, hasil belajar, kewirausahaan

×
Penulis Utama : Dowes Ardi Nugroho
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7412059
Tahun : 2016
Judul : Studi Komparatif Hasil Belajar Kognitif Kewirausahaan Melalui Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick dan Snowball Throwing pada Siswa Kelas X SMK Kristen 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2015/2016
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Ekonomi Akuntansi
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Ekonomi-K.7412059-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Harini, M.Pd.
2. Drs. Sunarto, M.M.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.