Penulis Utama : Fahad Rizal Ilhamsyah
NIM / NIP : C0511015
×

Penelitian ini.berjudul Pasang Surut Perkembangan Klub Sepak Bola di Kota Surakarta Tahun 1990 – 2006 ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan beberapa klub sepak bola yang pernah ada di kota Surakarta dan dampak sosial dengan adanya klub tersebut bagi perkembangan sepak bola di kota Surakarta pada tahun 1990 sampai 2006. Langkah – langkah yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode sejarah yang dimulai dari tahap heuristik, kritik sumber baik intern maupun ekstern, interpretasi/penafsiran, dan historiografi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, studi dokumen, dan studi pustaka. Dari hasil pengumpulan data kemudian dianalisis dan di interpretasikan berdasarkan kronologinya.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kota Surakarta merupakan salah satu kota di Indonesia yang memiliki lebih dari satu klub sepak bola. Beberapa klub sepak bola yang pernah bermain di kota Surakarta juga memberikan dampak positif dan negatif bagi perkembangan sosial masyarakat kota Surakarta khusunya masyarakat yang menyukai olahraga sepak bola. Beberapa klub sepak bola di kota Surakarta juga terbukti berperan dalam menggiatkan sepak bola di kota Surakarta pada periode tahun 1990 an.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah kota Surakarta merupakan salah satu kota di Indonesia yang mempunyai sejarah panjang olahraga sepak bola. Beberapa klub sepak bola di kota Surakarta mampu membuat kota Surakarta pada periode tahun 1990 an menjadi kota dengan fanatisme sepak bola yang besar di Indonesia. Beberapa klub yang pernah ada di kota Surakarta memeberikan cerita sejarah yang penting bagi persepakbolaan Indonesia.
.
Kata Kunci : Klub Sepak Bola, Surakarta, Perkembangan, Olahraga

×
Penulis Utama : Fahad Rizal Ilhamsyah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C0511015
Tahun : 2016
Judul : Pasang Surut Klub Sepak Bola Profesional di Kota Surakarta Tahun 1990-2006
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Ilmu Budaya - 2016
Program Studi : S-1 Ilmu Sejarah
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Ilmu Budaya Jur. Ilmu Sejarah-C.0511015-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Tiwuk Kusuma Hastuti, S.S, M.Hum.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.