Penulis Utama : Moses Kollo
NIM / NIP : S861502020
×

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) persepsi guru sejarah tentang pendidikan multikultural di SMA Kristen Mercusuar Kupang; (2) perencanaan pembelajaran sejarah yang mengintegrasikan pendidikan multikultural di SMA Kristen Mercusuar Kupang; (3) pelaksanaan pembelajaran sejarah yang mengintegrasikan pendidikan multikultural di SMA Kristen Mercusuar Kupang; (4) penilaian pembelajaran sejarah yang mengintegrasikan pendidikan multikultural di SMA Kristen Mercusuar Kupang; (5) hambatan dalam pembelajaran sejarah yang mengintegrasikan pendidikan multikultural di SMA Kristen Mercusuar Kupang; (6) hasil kesadaran multikultural di SMA Kristen Mercusuar Kupang.
Bentuk penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan strategi penelitian studi kasus tunggal. Sumber data dalam penelitian ini: kepala sekolah, para wakil kepala sekolah, para siswa, tempat dan aktivitas pembelajaran. Teknik pengumpulan data: wawancara mendalam, observasi langsung, mengkaji dokumen. Teknik sampling (cuplikan) adalah purposive sampling. Validasi data dilakukan dengan trianggulasi sumber dan trianggulasi metode. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif.
Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) guru sejarah memiliki persepsi sangat baik tentang pendidikan multikultural; (2) perencanaan pembelajaran sejarah yang dibuat oleh guru secara tekstual belum mengintegrasikan pendidikan multikultural; (3) pelaksanaan pembelajaran sejarah sudah mengintegrasikan pendidikan multikultural yakni guru dalam pembelajaran selalu memberikan perlakuan yang sama terhadap siswa serta guru selalu menghimbau agar siswa saling berbaur dan menerima antar sesama siswa dari berbagai latar belakang agama, suku, etnis, bahasa, dan adat istiadat; (4) penilaian pendidikan multikultural yang digunakan oleh guru sangat obyektif yakni nilai diberikan kepada siswa berdasarkan kemampuan akademik dan afektif; (5) hambatan dalam pembelajaran sejarah yang mengintegrasikan pendidikan multikultural tidak ada karena tidak ada perbedaan perlakuan terhadap siswa; (6) kesadaran multikultural sangat tinggi yakni SMA Kristen Mercusuar merupakan sekolah kristen tetapi siswanya datang dari beragam latar belakang suku, agama, budaya, etnis, dan klas sosial; selalu melibatkan siswa dari sekolah lain dalam berbagai kegiatan ekstrakurikuler dan siswanya tidak pernah terlibat tawuran.
Kata kunci: Pembelajaran Sejarah, Pendidikan Multikultural, SMA Kristen Mercusuar Kupang.

×
Penulis Utama : Moses Kollo
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S861502020
Tahun : 2016
Judul : Integrasi Pendidikan Multikultural dalam Pembelajaran Sejarah (Studi Kasus pada SMA Kristen Mercusuar Kupang)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2016
Program Studi : S-2 Pendidikan Sejarah
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Magister Pendidikan Sejarah-S.861502020-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Samsi Haryanto, M.Pd.
2. Dr. Sri Yamtinah, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.