Penulis Utama : Raisa Alatas
NIM / NIP : S221408008
×

Arab Hadramaut mengambil peran penting dalam proses penyebaran agama Islam walaupun mereka hanya sebagai pendatang. Pada proses penyebaran ini kemudian dapat ditemukan proses antar budaya yang terjalin melalui komunikasi antara komunikator dan komunikan. Arab Hadramaut tidak serta-merta bisa bergabung dengan masyarakat pribumi seperti yang terjadi antara Arab Hadramaut dan etnis Pribumi di kota Palu, Sulawesi Tengah. Proses relationship keagamaan beserta pembentukan cara pandang terjadi pada mereka dengan keIslaman kaum Arab dan sifat berkelompok yang masih tertanam sampai saat ini. Penelitian ini kemudian bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis perspektif komunikasi antar budaya dalam komunikasi dakwah antara Arab Hadramaut dan etnis Kaili. 
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Lokasi penelitian berada pada lingkungan Alkhairaat di kota Palu, Sulawesi tengah. Subjek Penelitian dalam penelitian ini adalah keturunan Arab Hadramaut dan etnis Kaili yang berada di kota Palu berjumlah 10 orang dan di peroleh dengan teknik snowball sampling. 
Hasil penelitian menunjukkan adanya perspektif komunikasi antar budaya dalam komunikasi dakwah antara Arab Hadramaut dan etnis Kaili. pada hambatan-hambatan komunikasi antar budaya Arab Hadramaut dan etnis Kaili, terdapat hambatan bahasa, kepercayaan, stereotip Arab Hadramaut yaitu eksklusifisme, pengambilan keputusan sepihak hingga etnosentrisme mengenai Arab Hadramaut merasa kelompoknya lebih baik dari etnis Kaili. Proses dakwah didukung oleh kredibilitas komunikator yang memiliki motivasi, mufti dari hadramaut dengan latar belakang pengetahuan, figur dan karakter yang dapat diterima semua kalangan. Konten dakwah terbentuk dimulai dengan pendekatan evolusioner komunikator yang melebur pada nilai ritual hingga berkeliling daerah-daerah terpencil dan menggunakan anak daerah sebagai perantara dalam penyampaian pesan-pesan agama. 
Hasil penelitian terakhir yaitu etika yang di awali dengan sikap open culture kemudian terjadi resistensi di tahap berikut dan berlanjut sampai pada tahap stabil yang intimate dan akrab. Manifestasi budaya yang terwujud dari keakraban ini adalah terdapat sekolah Islam Alkhairaat, yayasan Alkhairaat, dan peringatan haul habib Idrus bin salim aljufri sebagai peringatan kematian untuk mengingat jasa dalam mengembangkan Islam di kota Palu, Sulawesi Tengah. 
Kata Kunci: Komunikasi Dakwah, Perspektif Antarbudaya, Arab Hadramaut dan Etnis Pribumi

 

×
Penulis Utama : Raisa Alatas
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S221408008
Tahun : 2016
Judul : Perspektif komunikasi antar budaya dalam dakwah (Studi Komunikasi Dakwah Antara Arab Hadramaut dan Etnis Kaili di Kota Palu, Sulawesi Tengah)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2016
Program Studi : S-2 Ilmu Komunikasi (Teori dan Penelitian)
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Ilmu Komunikasi-S.221408008-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Andrik Purwasito, DEA
2. Dr. Sutopo, M.S
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.