Penulis Utama : Maria Monica Dewi Gracia
NIM / NIP : C0910028
×

Latar belakang proyek Tugas Akhir perancangan ini adalah mengembangkan motif Sekar Jagad menjadi motif tekstil yang akan difungsikan menjadi busana wanita semi formal untuk menghadiri acara fesyen. Alasan pemilihan visual Sekar Jagad karena keunikan motif Sekar Jagad yang kaya akan filosofi menjadi sumber ide dan inspirasi dalam merancang motif yang akan diaplikasikan pada busana ekslusif yang kuat secara visual dan memiliki karakter artistik yang lebih kekinian.
Tujuan proyek Tugas Akhir perancangan ini adalah mengembangkan desain motif Sekar Jagad menggunakan teknik laser cutting dengan pertimbangan fungsi busana wanita semi formal untuk menghadiri acara fesyen.
Metode yang dipakai dalam proyek Tugas Akhir perancangan ini yaitu metode desain. Metode ini melewati 3 tahap yaitu metode perancangan, konsep perancangan dan visualisasi. Untuk metode perancangan melwati tahap analisis permasalahan, strategi pemecahan masalah, pengumpulan data, uji coba, dan menentukan gagasan awal perancangan. Konsep perancangan meliputi landasan pemikiran untuk perancangan desain tugas akhir. Visualisasi yakni tahap memvisualikan konsep rencana perancangan yang sudah ditulis dalam proses perancangan.
Hasil perancangan tugas akhir ini sebagai berikut: (1) Perancangan motif Sekar Jagad dengan menggunakan teknik laser cutting berhasil membuat 8 desain dan diwujudkan dalam busana siap pakai yang eksklusif, yang semuanya terdiri dari desain balik kaca. Keseluruhan desain mengolah unsur utama dalam Sekar Jagad yaitu motif Parang, Kembang Setaman, Kembar Mayang, dan Wayang. (2) Teknik yang digunakan dalam perancangan ini adalah teknik laser cutting dan teknik sulam. Teknik laser cutting dilakukan pada area kerja 960 x 460 mm. penambahan teknik sulam berfungsi sebagai penempel kain yang telah di laser cut ke busana fesyen, dan sebagai ornament tambahan.
Kata Kunci: Sekar Jagad, Laser Cutting, Semi Formal, Sulam

×
Penulis Utama : Maria Monica Dewi Gracia
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C0910028
Tahun : 2016
Judul : Eksplorasi Motif Sekar Jagad Menggunakan Teknik Laser Cutting Untuk Busana Semi Formal
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Seni Rupa dan Desain - 2016
Program Studi : S-1 Kriya Seni
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Seni Rupa dan Desain Jur. Kriya Tekstil-C.0910028-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Setyawan, S.Sn. M.A
2. Drs. Felix Ari Dartono, M.Sn.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Seni Rupa dan Desain
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.