Penulis Utama : Hapsari Octa Safira
NIM / NIP : I0112065
×

ABSTRAK

 

Hapsari, 2016. Kapasitas Lentur Balok Beton Tulangan Bambu Petung Takikan Tipe U Lebar 3 cm Tiap Jarak 10 cm dengan Posisi Kulit Disisi Dalam. Tugas Akhir Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Sebelas Maret Surakarta.

 

Beton merupakan salah satu komponen utama yang sangat sering digunakan dalam struktur bangunan, termasuk dalam pembuatan rumah sederhana. Beton mempunyai kuat tekan yang relatif tinggi, akan tetapi beton memiliki kelemahan yaitu kekuatan tarik yang kecil. Saat ini baja merupakan material yang paling baik untuk tulangan karena kekuatan tariknya yang sangat tinggi. Namun harga baja tulangan yang semakin melambung dan akses yang sulit dalam pengadaan material bangunan di daerah terpencil tentu menjadi masalah tersendiri bagi masyarakat daerah tersebut.  Maka dilakukan penelitian-penelitian mengenai kemungkinan penggunaan material lain yang diharapkan dapat digunakan sebagai tulangan beton pada konstruksi rumah sederhana dengan memanfaatkan alam. Seperti yang dilakukan oleh Morisco (1996) yaitu menggunakan material bambu sebagai tulangan beton.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai kapasitas lentur pada balok beton tulangan bambu petung vertikal takikan tipe U lebar 3 cm tiap jarak 10 cm dengan posisi kulit disisi dalam. Bambu yang digunakan pada penelitian ini adalah bambu petung. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen  dengan jumlah benda uji 14 buah. Dimensi bambu yang digunakan adalah panjang 1650 mm, lebar 20 mm dan tebal 5 mm. Benda uji berbentuk balok dengan dimensi panjang 1700 mm, lebar 110 mm dan tinggi 150 mm. Delapan buah balok menggunakan tulangan bambu dan enam buah balok menggunakan tulangan baja. Mutu beton minimal 17 MPa. Uji lentur dilakukan pada umur 28 hari dengan metode two point loading.

Nilai kapasitas lentur hasil pengujian balok beton tulangan  bambu petung vertikal takikan tipe U lebar 3 cm tiap jarak 10 cm dengan posisi kulit disisi dalam adalah 290,9 kgm. Kapasitas lentur  hasil pengujian balok beton tulangan baja D7,45mm adalah 592,5 kgm, dengan kata lain kapasitas lentur balok tulangan bambu adalah 49,10 % dari kapasitas lentur balok tulangan baja.

Kata Kunci : kapasitas lentur, balok beton tulangan bambu, tulangan bambu petung

 

×
Penulis Utama : Hapsari Octa Safira
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I0112065
Tahun : 2016
Judul : Kapasitas Lentur Balok Beton Tulangan Bambu Petung Vertikal Takikan Tipe U Lebar 3 Cm Tiap Jarak 10 Cm Dengan Posisi Kulit Di Sisi Dalam
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak.Teknik - 2016
Program Studi : S-1 Teknik Sipil
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak.Teknik Jur.Studi Teknik Sipil - I0112065 - 2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Agus Setiya Budi, ST, MT
2. Ir. Sugiyarto, MT
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
View My Stats