Penulis Utama : Febryan Bagus Adi Saputro
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F0112040
Tahun : 2016
Judul : Analisis Pengaruh Pertumbuhan Industri, Nilai Investasi, Dan Jumlah Unit Usaha Terhadap Penyerapan Tenaga Kerja Sektor Industri Kecil Di Kabupaten Sukoharjo
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak.Ekonomi dan Bisnis - 2016
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak.Ekonomi dan Bisnis Jur.Ekonomi Pembangunan - F0112040 - 2016
Subyek : INDUSTRI KECIL
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK 

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pertumbuhan industri, nilai investasi, dan jumlah unit usaha terhadap penyerapan tenaga kerja sektor industri kecil di Kabupaten Sukoharjo. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data timeseries dalam bentuk tahunan dari tahun 1994-2014. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan metode OrdinaryLeast Square (OLS). Variabel dependen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Jumlah Tenaga Kerja sektor industri kecil di Kabupaten Sukoharjo. Sedangkan variabel independennya adalah Pertumbuhan Industri, Nilai Investasi, dan Jumlah Unit Usaha pada sektor industri di Kabupaten Sukoharjo. Hipotesis yang diajukan adalah variabel pertumbuhan industri berpengaruh positif dan signifikan terhadap jumlah tenaga kerja, variabel nilai investasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap jumlah tenaga kerja, dan variabel jumlah unit usaha berpengaruh positif dan signifikan terhadap jumlah tenaga kerja sektor industri kecil di Kabupaten Sukoharjo.

Kesimpulan dari uji yang telah dilakukan melalui metode OLS, yaitu variabel Pertumbuhan Industri, Nilai Investasi dan Jumlah Unit Usaha masing-masing berpengaruh positif dan signifikan terhadap penyerapan tenaga kerja sektor industri kecil di Kabupaten Sukoharjo. Ketiga variabel tersebut secara simultan memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap penyerapan tenaga kerja sektor industri kecil di Kabupaten Sukoharjo.

Saran yang dapat diambil dari penelitian ini antara lain: (1) Pemerintah hendaknya lebih memperhatikan industri padat karya atau industri kecil dalam mengupayakan penyerapan tenaga kerja, karena industri padat karya lebih cepat dalam menyerap tenaga kerja. Dengan banyaknya tenaga kerja yang terserap, maka akan meningkatkan pula pertumbuhan industri di Kabupaten Sukoharjo, (2) Pemerintah daerah diharapkan dapat menarik minat para investor dan memberikan kemudahan agar dapat menanamkan modalnya untuk memberikan pengetahuan dan informasi seputar usaha industri terutama industri kecil melalui internet, (3) Pemerintah Kabupaten Sukoharjo diharapkan dapat memberikan kemudahan dan bantuan untuk penduduk di daerah Kabupaten Sukoharjo untuk membuka unit usaha (4) Pemerintah diharapkan dapat memanfaatkan pengeluarannya untuk memberikan pelatihan kewirausahaan bagi angkatan kerja agar dapat memberikan peluang kesempatan kerja yang baru.

Kata Kunci    : Penyerapan Tenaga Kerja, Industri Kecil, Regresi Linear Berganda.

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Doc135.pdf
Cover.pdf
bab 1.pdf
bab 2.pdf
bab 3.pdf
bab 4.pdf
bab 5.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Hari Murti, M.Si.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis