Penulis Utama : Angga Ghupta Rahina Murti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F0212013
Tahun : 2016
Judul : Analisis Segmentasi Orang Yang Berniat Mendonorkan Darahnya Di Kota Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak.Ekonomi dan Bisnis - 2016
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak.Ekonomi dan Bisnis Jur.Manajemen - F0212013 - 2016
Subyek : DONOR DARAH
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mensegmentasi dan mengidentifikasi karakteristik orang yang berniat mendonorkan darahnya di kota Surakarta berdasarkan variabel perilaku donor darah dan demografinya. Sampel dalam penelitian ini adalah masyarakat kota Surakarta yang berniat mendonorkan darahnya. Jumlah responden sebanyak 300 orang diambil dengan menggunakan metode convenience sampling. Pengujian data yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan dua metode analisis klaster yaitu hierarchical dan non-hierarchical cluster analysis dengan software IBM SPSS 21.

            Hasil penelitian ini menunjukan bahwa orang yang berniat mendonorkan darahnya terbagi menjadi empat segmen. Segmen pertama disebut altruistic people dengan ciri memiliki rasa tanggung jawab sosial yang tinggi. Segmen kedua disebut health living people dengan ciri memiliki gaya hidup sehat yang tinggi. Segmen ketiga disebut anxiety distorsion people dengan ciri memiliki ketakutan dan kecemasan terhadap donor darah. Segmen keempat disebut benefit oriented people dengan ciri memiliki orientasi pada keuntungan.

            Penelitian ini memiliki keterbatasan pada setting yang dilakukan yaitu hanya di Surakarta. Hal ini berdampak hasil penelitian yang mungkin tidak dapat generalisasi di beberapa kota di Indonesia. Penelitian selanjutnya diharapkan dapat mengeliminasi keterbatasan pada penelitian ini.

Kata Kunci : Segmentasi, Donor Darah, Analisis Klaster, Demografi, Perilaku Donor Darah.

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Doc136.pdf
Cover.pdf
bab 1.pdf
bab 2.pdf
bab 3.pdf
bab 4.pdf
bab 5.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Budhi Haryanto, M.M.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis