Penulis Utama : Syifa Fauziyah
NIM / NIP : K3512059
×

ABSTRAK

Syifa Fauziyah. K3512059. PERBEDAAN PENGGUNAAN E-LEARNING BERBANTUAN EDMODO DENGAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN SIMULASI DIGITAL BAGI SISWA KELAS X SMK ( STUDI KASUS DI SMK NEGERI 2 KEBUMEN). Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juni 2016. 
 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  (1) Adanya perbedaan penggunaan e-learning berbantuan edmodo pada kelas eksperimen dengan pembelajaran konvensional pada kelas kontrol terhadap hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran simulasi digital di SMK Negeri 2 Kebumen. (2) Keefektivan penggunaan e-learning berbantuan edmodo terhadap hasil belajar siswa kelas X SMK pada mata pelajaran simulasi digital di SMK Negeri 2 Kebumen. 
 Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X program keahlian Teknik Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik (TIPTL) yang terdiri dari 3 kelas. Metode yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah dengan metode Random Sampling. penelitian ini menggunakan desain penelitian Quasy- Experimental Design with Pretest-Posttest and Control Group. Teknik yang dilakukan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini menggunakan metode tes dan observasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan uji-t dan uji Mann Whitney dengan taraf signifikasi 0,05. Sedangkan untuk mengetahui kategori gain menggunakan rumus Ricard R. Huke. 
 Hasil penelitian adalah sebagai berikut ini, (1) Ada perbedaan penggunaan e-learning berbantuan edmodo pada kelas eksperimen dengan pembelajaran konvensional pada kelas kontrol terhadap hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran simulasi digital di SMK Negeri 2 Kebumen yang ditunjukkan oleh p- value sebesar 0,000<0,05. (2) Penggunaan e-learning berbantuan Edmodo efektif meningkatkan hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran simulasi digital di SMK Negeri 2 Kebumen. Hal ini dapat dilihat dari nilai gain masing-masing kelas. Untuk kelas eksperimen memiliki nilai gain sebesar 0,647 dan kelas kontrol memiliki nilai gain sebesar 0,425.  Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan e- learning berbantuan Edmodo lebih efektif meningkatkan hasil belajar dibanding pembelajaran konvensional. 


Kata Kunci : E-learning, Edmodo, Hasil Belajar 

×
Penulis Utama : Syifa Fauziyah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3512059
Tahun : 2016
Judul : Perbedaan Penggunaan E-Learning Berbantuan Edmodo Dengan Pembelajaran Konvensional Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Simulasi Digital Bagi Siswa Kelas X SMK
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak.KIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak.KIP Jur.Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer - K3512059 - 2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Basori, S.Pd, M.Pd
2. Taufiq Lilo Adi Sucipto, S.T, M.T
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.