Penulis Utama : Fuadillah Pangestu
NIM / NIP : K2512036
×

Tujuan penelitian ini adalah menyelidiki (1) Pengaruh pemanasan bahan bakar melalui pipa bersirip persegi di dalam upper tank radiator terhadap torsi pada mesin Mitsubishi L300. (2) Pengaruh penambahan biodiesel pada bahan bakar solar terhadap torsi pada mesin Mitsubishi L300. (3) Pengaruh pemanasan bahan bakar melalui pipa bersirip persegi di dalam upper tank radiator dan penambahan biodiesel pada bahan bakar solar terhadap torsi pada mesin Mitsubishi L300. (4) Pengaruh pemanasan bahan bakar melalui pipa bersirip persegi di dalam upper tank radiator terhadap daya pada mesin Mitsubishi L300. (5) Pengaruh penambahan biodiesel pada bahan bakar solar terhadap daya pada mesin Mitsubishi L300. (6) Pengaruh pemanasan bahan bakar melalui pipa bersirip persegi di dalam upper tank radiator dan penambahan biodiesel pada bahan bakar solar terhadap daya pada mesin Mitsubishi L300.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif. Populasi penelitian ini yaitu mobil Mitsubishi L300. Sampel dalam penelitian ini Diesel Mitsubishi 4 silinder tipe L300. Dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif komparatif yaitu dengan cara mendeskripsikan data yang telah terkumpul sebagaimana adanya. Dynamometer chasis yang digunakan untuk menguji torsi dan daya pada mesin Mitsubishi L300 yaitu dynotest 1200 AWD. Lokasi pengujian torsi dan daya dilakukan di bengkel 3 dara dynolog Sukoharjo. Variasi campuran bahan bakar solar dengan komposisi biodiesel 0%, 5%, 10%, 15%, 20%, 25% dan 30%. Variasi pipa bersirip persegi dengan jarak antar sirip 10 mm, 20 mm, dan 30 mm.

Hasil penelitian sebagai berikut (1) Terdapat pengaruh pemanasan bahan bakar melalui pipa bersirip persegi di dalam upper tank radiator terhadap torsi pada mesin Mitsubishi L300. Torsi tertinggi diperoleh pada penggunaan radiator dengan pipa bersirip radial 20 mm. (2) Terdapat pengaruh penambahan biodiesel pada bahan bakar solar terhadap torsi pada mesin Mitsubishi L300. Torsi tertinggi pada penambahan biodiesel 10%. (3) Terdapat pengaruh pemanasan bahan bakar melalui pipa bersirip persegi di dalam upper tank radiator dan penambahan biodiesel pada bahan bakar solar terhadap torsi pada mesin Mitsubishi L300. Torsi tertinggi diperoleh pada penambahan biodiesel 10% dan penggunaan radiator dengan pipa bersirip persegi 20 mm. (4) Terdapat pengaruh pemanasan bahan bakar melalui pipa bersirip persegi di dalam upper tank radiator terhadap daya pada mesin Mitsubishi L300. Daya tertinggi diperoleh pada penggunaan radiator dengan pipa bersirip radial 20 mm. (5) Terdapat pengaruh penambahan biodiesel pada bahan bakar solar terhadap daya pada mesin Mitsubishi L300. Daya tertinggi pada penambahan biodiesel 10%. (6) Terdapat pengaruh pemanasan bahan bakar melalui pipa bersirip persegi di dalam upper tank radiator dan penambahan 

biodiesel pada bahan bakar solar terhadap daya pada mesin Mitsubishi L300. Daya tertinggi diperoleh pada penambahan biodiesel 10% dan penggunaan radiator dengan pipa bersirip persegi 20 mm.

Kata Kunci: Biodiesel, pemanasan bahan bakar, sirip persegi, torsi dan daya.

×
Penulis Utama : Fuadillah Pangestu
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K2512036
Tahun : 2016
Judul : Pengaruh Penambahan Biodiesel Pada Bahan Bakar Solar dan Pemanasan Bahan Bakar Melalui Pipa Bersirip Persegi di Dalam Upper Tank Radiator Terhadap Torsi dan Daya Pada Mobil Mitsubishi L300
Edisi :
Imprint : Surakarta - F.KIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Teknik Mesin
Kolasi :
Sumber : UNS-F.KIP Jur. Pendidikan Teknik Mesin-K.2512036-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Danar Susilo Wijayanto., S.T., M.Eng
2. Ngatou Rohman, S.Pd., M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.