Penulis Utama : Endang Hariyanti
NIM / NIP : X5213239
×

Tujuan penelitian ini adalah untuk  meningkatkan kemampuan menyusun kalimat Tunggal dengan menggunakan media  gambar dan kartu kata pada pelajaran Bahasa Indonesia bagi anak tunagrahita ringan kelas III SDLB Sartika Blora tahun ajaran  2015/2016. Subjek Penelitian ini adalah Anak Tunagrahita Kelas III SDLB Sartika Blora tahun ajaran  2015/2016 yang berjumlah 5 anak.

Pendekatan penelitaian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (Classroom action research) dengan 2 siklus, Setiap siklus dilaksanakan 2 kali pertemuan.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan tes. Data dianalisis dengan menggunakan deskriptif komparatif. Hasil yang diperoleh dengan penggunaan media gambar kartu kata  pada refleksi siklus I diperoleh nilai rata-rata 6,65 dan pada siklus ke II diperoleh nilai rata-rata 7,20 dan meningkatnya keaktifan serta tingkat kemampuan menyusun kalimat tunggal  siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia.

Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan Media  gambar dan kartu kata dapat mengupayakan peningkatkan kemampuan menyusun kalimat tunggal pada pembelajaran  Bahasa Indonesia anak tunagrahita ringan kelas III SDLB Sartika Blora tahun ajaran 2015/2016.

Kata Kunci : Media Gambar dan Kartu Kata, Kemampuan berbahasa,  Anak Tunagrahita Ringan

×
Penulis Utama : Endang Hariyanti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : X5213239
Tahun : 2016
Judul : Upaya Peningkatan Penguasaan Kosa Kata Melalui Media Gambar dan Kartu Kata Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Bagi Anak Tunagrahita Ringan Kelas III SDLB Sartika Ngawen Blora Tahun Pelajaran 2015 / 2016
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2016
Program Studi : S-1 PPKHB Pendidikan Luar Biasa
Kolasi :
Sumber : UNS-F. KIP Jur. Pendidikan Luar Biasa -X.5213239-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Abdul Salim, M.Kes
2. Priyono, S.Pd, M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.