Penulis Utama : Miftachur Rizqy
NIM / NIP : K4612099
×

Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar permainan sepakbola pada peserta didik kelas X TKJ SMK Muhammadiyah 2 Ngawi tahun ajaran 2016/2017 melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament).

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, dan setiap siklusnya dilaksanakan dua kali pertemuan. Subjek dalam Penelitain Tindakan Kelas ini adalah peserta didik kelas X TKJ SMK Muhammadiyah 2 Ngawi yang berjumlah 36 peserta didik. Sumber data dalam Penelitian ini berasal dari peserta didik, peneliti dan guru yang bertindak sebagai kolaborator. Teknik pengumpulan data menggunakan tes observasi dan angket kartu ceria. Validitas data menggunkan teknik triangulasi data. Analisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif yang didasarkan pada analisis kualitatif persentase.

Dari hasil analisis data diperoleh peningkatan hasil belajar bermain sepakbola pada siklus I yang dinyatakan tuntas mencapai 61,11% atau sebanyak 22 peserta didik dari 36 peserta didik. Peningkatan hasil belajar permainan sepakbola juga terjadi pada siklus II dengan prosentase sebesar 88,89% atau sebanyak 32 peserta didik yang tergolong kriteria Tuntas dengan KKM 2,86 dan 4 peserta didik lainnya tergolong dalam kategori Belum Tuntas.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa : Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Team Games Turnament) Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Bermain Sepakbola Pada Peserta didik Kelas X TKJ SMK Muhammadiyah 2 Ngawi Tahun Ajaran 2016/2017.

Kata kunci : Hasil Belajar, BermainSepakbola, Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Team Games Turnament)

×
Penulis Utama : Miftachur Rizqy
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4612099
Tahun : 2016
Judul : Peningkatan Hasil Belajar Bermain Sepakbola Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Team Games Turnament)Pada Peserta Didik Kelas X TKJ SMK Muhammadiyah 2 Ngawi Tahun Ajaran 2016/2017
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi
Kolasi :
Sumber : UNS-F. KIP Jur. Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi-K.4612099-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Rony Syaifullah, S.Pd., M.Pd
2. Pomo Warih Adi, S.Pd., M.Or
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.