Penulis Utama : Fita Pujiati
NIM / NIP : K1512023
×

Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mengetahui pengetahuan, persepsi, dampak green home, dan kepedulian owner terhadap penerapan konsep green home (2) Mengetahui peran dan harapan owner dalam penerapkan konsep green home terhadap lingkungan dimasa mendatang (3) Mengetahui peringkat penilaian rumah owner jika dinilai menggunakan penilaian greenship home (4) Mengetahui implementasi green home pada lingkungan dimasa mendatang terhadap pembangunan berkelanjutan (5) mengetahui implementasi green home di perumahan Sukoharjo dapat digunakan dalam materi tambahan Analisa Dampak Lingkungan di Prodi Pendidikan Teknik Bangunan.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data adalah owner rumah. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling, narasumber diambil dari tiga perumahan masing-masing perumahan berjumlah dua narasumber. Teknik pengumpulan data dengan observasi penilaian rumah, wawancara, angket, dan mencatat dokumen. Validitas menggunakan triangulasi data. Analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif.
Hasil penelitian ini antara lain (1) pengetahuan owner mengenai green homes masih kurang, persepsi owner mengenai green homes sudah baik, pengertian dampak dari green homes menurut owner sudah baik, kepedulian owner cukup baik. (2) Peran owner mengenai green homes masih kurang, harapan owner mengenai green homes sangat tinggi terhadap developer, pemerintah, dan masyarakat dalam menerapkan konsep green home. (3) Hasil penilaian perumahan yaitu perumahan Griya Kuantan, perumahan Calesta, dan perumahan Tiara Agung adalah perak. (4) Implementasi green homes dimasa mendatang memiliki harapan yang tinggi, Para (owner) sangat setuju dan ingin menerapkan konsep green home agar rumah dapat memenuhi kebutuhan sekarang tanpa harus merugikan kebutuhan dimasa mendatang. (5) Penerapan konsep green homes sangat direkomendasikan kedalam matakuliah.
Kata kunci: pengetahuan, green building, green homes, owner, developer, penilaian rumah, greenship home

×
Penulis Utama : Fita Pujiati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1512023
Tahun : 2016
Judul : Kajian Implementasi Green Home Ditinjau dari Perspektif Owner Rumah Sebagai Suplemen Bahan Ajar Teknik Lingkungan
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Teknik Bangunan
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Teknik Bangunan-K.1512023-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Taufiq Lilo Adi Sucipto, S.T , M.T.
2. Eko Supri Murtiono, S.T., M.T.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.