Penulis Utama : Nur Jannah
NIM / NIP : S630908006
×

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan partisipasi komite sekolah dan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi partisipasi komite sekolah dalam implementasi Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) di sekolah dasar kabupaten Purworejo.
Jenis penelitian yaitu penelitian survai. Populasi penelitian adalah komite sekolah di 20 (duapuluh) sekolah dasar penerima program Decentralized Basic Education (DBE) di Kabupaten Purworejo. Sampel penelitian diambil secara purposive untuk 60 responden ketua/wakil ketua, sekretaris dan bendahara. Sedangkan sampel untuk 60 anggota komite sekolah menggunakan teknik acak kelompok (cluster random sampling). Variabel penelitian meliputi variabel independen yang terdiri dari: faktor internal yaitu jenis kelamin (X1), usia (X2, pendidikan (X3), penghasilan (X4), lamanya menjadi anggota komite (X5) dan faktor eksternal yaitu peran pemerintah (X6), peran sekolah (X7), peran organisasi komite sekolah (8), peran fasilitator (X9) dan variabel dependen yaitu partisipasi komite sekolah dalam implementasi manajemen berbasis sekolah (MBS) di sekolah dasar kabupaten Purworejo (Y). Teknik analisis data meliputi analisis statistik deskriptif untuk mendeskripsikan data penelitian, analisis regresi linear berganda untuk memprediksi pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen dan analisis koefisien determinasi untuk menentukan derajat pengaruhnya.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat partisipasi komite sekolah dalam implementasi Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) di sekolah dasar kabupaten Purworejo adalah tinggi sebesar 77%. Faktor jenis kelamin, usia, pendidikan, penghasilan, lamanya menjadi anggota komite sekolah, peran pemerintah, peran sekolah, peran organisasi komite sekolah dan peran fasilitator, secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap partisipasi komite sekolah pada signifikasi 5% dan nilai koefisien determinasi (R2) berganda adalah sebesar 50,1%. Faktor-faktor yang secara parsial berpengaruh secara signifikan terhadap pertisipasi komite sekolah dalam implementasi Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) di Sekolah Dasar Kabupaten Purworejo adalah faktor peran sekolah, peran organisasi komite sekolah dan peran fasilitator. Adapun faktor yang memberikan pengaruh terbesar terhadap partisipasi komite sekolah dalam implementasi Manajemen Berbasis Sekolah di sekolah dasar Kabupaten Purworejo adalah peran organisasi komite sekolah. Besarnya derajat pengaruh /koefisien determinasi (R2) parsial faktor organisasi komite sekolah yaitu sebesar 8.9%.
Kata Kunci: Partisipasi, Komite Sekolah, Manajemen Berbasis Sekolah

×
Penulis Utama : Nur Jannah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S630908006
Tahun : 2016
Judul : Faktor-Faktor Partisipasi Komite Sekolah dalam Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) di Sekolah Dasar Kabupaten Purworejo
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2016
Program Studi : S-2 Penyuluhan Pembangunan/Pemberdayaan Masyarakat
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Doktor Penyuluhan Pembangunan-S.630908006-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Ravik Karsidi, MS
2. Dr. JC Tukiman Taruna
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.