Penulis Utama : Satria Arif Pratama
NIM / NIP : K4612131
×

Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar passing bolavoli dengan menggunakan pendekatan komunikatif example non-example pada siswa kelas VIII F SMP Negeri 1 Kartasura tahun pelajaran 2016/2017.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, terdiri dari empat tahap dalam setiap siklusnya yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek dalam Penelitain Tindakan Kelas ini adalah siswa kelas VIII F SMP Negeri 1 Kartasura yang berjumlah 30 siswa terdiri dari 12 siswa putra dan 18 siswa putri. Sumber data dalam Penelitian ini berasal dari siswa, peneliti dan guru yang bertindak sebagai kolaborator. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Validitas data menggunkan teknik triangulasi data. Analisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif yang didasarkan pada analisis kualitatif persentase.
Hasil analisis menunjukan bahwa menggunakan pendekatan komunikatif example non-example dapat meningkatkan hasil belajar passingbolavoli dari pratindakan ke siklus I dan siklus I ke siklus II. Dari hasil analisis yang diperoleh peningkatan hasil belajar passing permainan bolavoli pada siklus I yang dinyatakan tuntas mencapai 63,33% atau sebanyak 19 siswa dari 30 siswa. Peningkatan hasil belajar passing permainan bolavoli juga terjadi pada siklus II dengan prosentase sebesar 93,33% atau sebanyak 28 siswa yang tergolong kriteria Lulus dengan KKM 75 dan 2 siswa lainnya tergolong dalam kategori Tidak Lulus.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa : penerapan pendekatan komunikatif example non-example dapat meningkatkan hasil belajar passingbolavoli pada siswa kelas VIII F SMP Negeri 1 Kartasura tahun pelajaran 2016/2017.
Kata kunci : Hasil Belajar, Passing Bolavoli, Pendekatan Komunikatif Example Non-Example

×
Penulis Utama : Satria Arif Pratama
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4612131
Tahun : 2016
Judul : Upaya Peningkatan Hasil Belajar Passing Bolavoli Menggunakan Pendekatan Komunikatif Example Non-Example pada Siswa Kelas VIII F SMP Negeri 1 Kartasura Tahun Pelajaran 2016/2017
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi-K.4612131-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Budhi Satyawan, M.Pd.
2. Singgih Hendarto, S.Pd., M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.