Penulis Utama : Supriyanto
NIM / NIP : S810809227
×

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Peningkatan partisipasi siswa dalam pembelajaran dengan media visual pada pembelajaran; (2) Peningkatan kompetensi pemeliharaan/servis komponen otomotif melalui penggunaan media visual pada mata pelajaran Teknik Listrik Dasar Otomotif (TLDO).
Penelitian ini berbentuk penelitian tindakan kelas yaitu suatu penelitian yang berupa kolaborasi antara peneliti, guru dan siswa. Subjek penelitian adalah siswa kelas X SMK Negeri 2 Sragen tahun pelajaran 2016/2017. Sumber data penelitian adalah : 1). Informan (guru dan siswa) 2). Peristiwa/proses pembelajaran. 3). Dokumen (silabus, RPP, buku pelajaran, dan sebagainya). Uji validitas data menggunakan trianggulasi dan teknik review informan. Teknik analisis data menggunakan teknik: 1) Teknik analisis deskriptif komparatif yaitu membandingkan hasil antar siklus; 2) Teknik analisis kritis digunakan untuk data kualitatif. Indikator kinerja yang ingin dicapai dalam penelitian adalah 75% dari indikator kompetensi tercapai.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pembelajaran dengan pemanfaatan media visual dapat meningkatkan partisipasi siswa dalam pembelajaran TLDO di SMK Negeri 2 Sragen. Pengelolaan pembelajaran TLDO dengan media visual dapat menjadi bentuk pembelajaran yang efektif dalam mengintegrasikan materi dengan pendekatan pengaturan siswa dalam belajar. Interaksi yang terjalin selama kegiatan pembelajaran mampu menjadi media dalam mempelajari materi sesuai dengan tuntutan kompetensi yang.diharapkan; (2) Pemanfaatan media visual dalam pengelolaan pembelajaran TLDO dapat meningkatkan kompetensi siswa pada mata pelajaran TLDO konsep besaran listrik. Hal ini terjadi karena peningkatan minat (perhatian), motivasi, dan peran (aktivitas) siswa dalam pembelajaran. Tercermin dari kompetensi siswa yang meningkat, peningkatan tersebut dapat dilihat pada siklus I dan siklus II masing-masing sebesar 12,1% dan 17,1%.
Kata kunci: Partisipasi, Kompetensi, Media Visual

×
Penulis Utama : Supriyanto
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S810809227
Tahun : 2016
Judul : Peningkatan Kompetensi Pemeliharaan/Servis Komponen Otomotif Melalui Media Visual pada Siswa Kelas X SMK Negeri 2 Sragen Tahun Ajaran 2016/2017
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2016
Program Studi : S-2 Teknologi Pendidikan
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Magister Teknologi Pendidikan-S.810809227-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. H. Mulyoto, M.Pd.
2. Prof. Dr. Nunuk Suryani, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.