Penulis Utama : Purwanto
NIM / NIP : S021308059
×

Latar belakang: Akupunktur telah semakin diperkenalkan dalam rumah sakit umum dalam beberapa tahun terakhir Akupunktur dapat dijadikan sebagai terapi komplementer atau alternatif untuk menangani penyakit pada lanjut usia. Rumah Sakit Umum Ja’far Medika Karanganyar adalah rumah sakit di Karanganyar yang memiliki layanan unggulan akupunktur. Terdapat faktor-faktor yang mendasari pengambilan keputusan memilih terapi akupunktur di RSU. Ja’far Medika Karanganyar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan menganalisis karakteristik subyek penelitian, faktor internal, dan faktor eksternal yang menjadikan lansia mengambil keputusan memilih terapi akupunktur untuk penyakit degeneratif. 
Subyek dan metode: Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Penelitian dilakukan di RSU. Ja’far medika Karanganyar pada bulan Maret hingga April 2015. Teknik pengambilan sampel dengan metode purposive sampling sebanyak 10 informan. Teknik pengumpulan data dengan wawancara mendalam, observasi, dan kajian dokumen. Analisis data menggunakan teknik analisis data menurut Milles and Hubberman meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan serta pengujian kesimpulan. Validasi data menggunakan triangulasi sumber. 
Hasil: Karakteristik informan terdiri dari 5 orang laki-laki dan 5 orang perempuan, usia 23 - 72 tahun, pendidikan SD, SMP, SMA, Diploma, dan Sarjana dengan pekerjaan meliputi petani, pegawai negeri, dan pensiunan dengan penyakit degeneratif yaitu stroke, HNP, dan ada yang mengalami gangguan kelopak mata. Faktor internal yang mendasari untuk memilih terapi akupunktur adalah motivasi untuk sembuh, keyakinan (agama) dan kejenuhan terhadap pelayanan medis. Faktor eksternal meliputi kualitas pelayanan, dukungan keluarga, kepercayaan pada orang lain, citra rumah sakit, dan peraturan perundangan. 
Kesimpulan: Pengambilan keputusan memilih terapi akupunktur pada lanjut usia didasarkan pada karakter lansia, faktor internal dan eksternal dalam mengambil manfaat terapi akupunktur dalam membantu proses pemulihan penyakit degeneratif pada lanjut usia. Terapi akupunktur memberikan hasil yang lebih baik dengan tindakan kombinasi dan kolaborasi antar tenaga kesehatan 
Kata kunci: lanjut usia, pengambilan keputusan, terapi akupunktur 

 

×
Penulis Utama : Purwanto
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S021308059
Tahun : 2016
Judul : Pengambilan keputusan memilih terapi akupunktur untuk penyakit degeneratif pada lanjut usia di rumah sakit umum ja’far medika Karanganyar
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2016
Program Studi : S-2 Ilmu Kesehatan Masyarakat
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat-S.021308059-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ir. Ruben Dharmawan, dr, M.Sc,Ph.D
2. Dr. Argyo Demartoto, M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.