Penulis Utama : Ardy Yuliyanto Nur Ikhsan
NIM / NIP : K2512018
×

Tujuan penelitian ini adalah menyelidiki (1) Pengaruh penambahan biodiesel pada bahan bakar solar terhadap torsi pada mesin Mitsubishi L300. (2) Pengaruh pipa bersirip spiral di dalam upper tank radiator terhadap torsi pada mesin Mitsubishi L300. (3) Pengaruh penambahan biodiesel pada bahan bakar solar dan penerapan pipa bersirip spiral didalam upper tank radiator terhadap torsi pada mesin Mitsubishi L300. (4) Pengaruh penambahan biodiesel pada bahan bakar solar terhadap daya pada mesin Mitsubishi L300. (5) Pengaruh pipa bersirip spiral di dalam upper tank radiator terhadap daya pada mesin Mitsubishi L300. (6) Pengaruh penambahan biodiesel pada bahan bakar solar dan penerapan pipa bersirip spiral didalam upper tank radiator terhadap daya pada mesin Mitsubishi L300. 
Populasi dalam penelitian ini adalah mobil Mitsubishi L300. Sampel yang digunakan adalah disel 4 silinder Mitsubishi L300, dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif komparatif yaitu dengan cara mendeskripsikan data yang telah terkumpul sebagaimana adanya. 
Hasil penelitian adalah sebagai berikut (1) Terdapat pengaruh penambahan biodiesel pada bahan bakar solar terhadap torsi pada Mobil Mitshubishi L300. Torsi tertinggi diperoleh pada campuran bahan bakar 30%. (2) Terdapat pengaruh pipa bersirip spiral di dalam upper tank radiator terhadap torsi pada Mobil Mitshubishi L300. Torsi tertinggi diperoleh pada penggunaan radiator dengan pipa bersirip 2 ulir spiral. (3) Terdapat pengaruh penambahan biodiesel pada bahan bakar solar dan penggunaan pipa bersirip spiral di dalam upper tank radiator terhadap torsi pada mobil Mitsubishi L300. Torsi tertinggi diperoleh pada penambahan biodiesel kedalam bahan bakar solar 10% dan penggunaan radiator dengan pipa bersirip 2 ulir spiral. (4) Terdapat pengaruh penambahan biodiesel pada bahan bakar solar terhadap daya pada Mobil Mitshubishi L300. Daya tertinggi diperoleh pada campuran bahan bakar 30%. (5) Terdapat pengaruh pipa bersirip spiral di dalam upper tank radiator terhadap daya pada Mobil Mitshubishi L300. Daya tertinggi diperoleh pada penggunaan radiator dengan pipa bersirip 2 ulir spiral. (6) Terdapat pengaruh penambahan biodiesel pada bahan bakar solar dan penggunaan pipa bersirip spiral di dalam upper tank radiator terhadap daya pada mobil Mitsubishi L300. Daya tertinggi diperoleh pada penambahan biodiesel kedalam bahan bakar solar 10% dan penggunaan radiator dengan pipa bersirip 2 ulir spiral. 
Kata Kunci: Biodiesel, solar, sirip spiral, torsi dan daya 

 

×
Penulis Utama : Ardy Yuliyanto Nur Ikhsan
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K2512018
Tahun : 2016
Judul : Pengaruh penambahan biodiesel pada bahan bakar solar dan penerapan pipa bersirip spiral di dalam upper tank radiator terhadap torsi dan daya mobil mitsubishi l300
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Teknik Mesin
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Teknik Mesin-K.2512018-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Danar Susilo Wijayanto., S.T., M.Eng.,
2. Ir. Husin Bugis. M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.