Penulis Utama : Muhammad Rolan Dumas
NIM / NIP : K2512052
×

Tujuan penelitian ini adalah menyelidiki laju keausan kampas rem Indoparts dan kampas rem Yamaha Genuine Parts apabila diaplikasikan langsung pada sepeda motor. 
Populasi dalam penelitian ini adalah kampas rem Indoparts dan kampas rem Yamaha Genuine Parts. Sampel yang digunakan adalah kampas rem Indoparts dan kampas rem Yamaha Genuine Parts, dengan teknik pengambilan sampel random sampling. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Teknik analisa data yang digunakan adalah deskriptif komparatif yaitu dengan cara mendeskripsikan data yang telah terkumpul sebagaimana adanya. 
Hasil penelitian adalah sebagai berikut: (1) Kampas rem Indoparts dan kampas rem asli Yamaha Genuine Parts mempunyai tingkat ketahanan aus yang berbeda namun kampas rem Indoparts mampu mendekati laju keausan kampas rem asli Yamaha Genuine Parts yaitu dengan laju keausan maksimal kampas rem Indoparts 0,00049 mm/km, sedangkan Yamaha Genuine Parts laju keausan maksimalnya 0,00035 mm/km. (2) Kampas rem Indoparts mampu digunakan sekitar 9183-10.000 km sedangkan kampas rem Yamaha Genuine Parts mampu digunakan sekitar 12857-13000 km berdasarkan uji jalan yang telah dilakukan peneliti dengan penumpang berat rata-rata orang dewasa Indonesia yaitu 65-75 kg. Kualitas bahan, komposisi dan harga yang berbeda antara kampas rem Indoparts dan Yamaha Genuine Parts juga berpengaruh terhadap laju keausan, Secara ekonomis kampas rem Indoparts lebih baik karena harganya lebih murah dengin kualitas yang hampir memadai, namun secara teknis kampas rem Yamaha Genuine Parts lebih baik karena laju keausannya lebih rendah daripada kampas rem Indoparts (3) Ada pengaruh dari jarak tempuh dan jumlah pengereman terhadap laju keausan kampas rem pada Yamaha Jupiter Z. 
Kata Kunci: sepeda motor, kampas rem non asbestos, laju keausan. 

 

×
Penulis Utama : Muhammad Rolan Dumas
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K2512052
Tahun : 2016
Judul : Kaji eksperimental penggunaan variasi kampas rem non asbestos terhadap laju keausan pada sepeda motor yamaha jupiter z
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Teknik Mesin
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Teknik Mesin-K.2512052-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Ranto., M.T.
2. Budi Harjanto, S.T., M.Eng
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.