Penulis Utama : Domas Sugrahita Harja Susetya
NIM / NIP : S841502004
×

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) ada tidaknya hubungan antara pemahaman kohesi koherensi paragraf dan keterampilan menulis teks eksplansi; 2) ada tidakya hubungan antara kreativitas verbal dengan keterampilan menulis teks eksplanasi; dan 3) ada tidaknya hubungan antara pemahaman kohesi koherensi paragraf dan kreativitas verbal secara bersama-sama dengan keterampilan menulis teks eksplanasi. 
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei dengan studi korelasional. Sampel terdiri atas 165 siswa di kabupaten Probolinggo yang diambil dari tiga sekolah, yaitu: SMA Negeri 1 Dringu, SMA Negeri 1 Gending, dan SMA Negeri 1 Gading dan SMA Negeri 1 Paiton Sebagai kelas uji instrumen. Teknik analisis yang digunakan meliputi uji persyaratan dan uji intrumen. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi: (1) pengumpulan data keterampilan menulis teks eksplanasi menggunakan teknik tes dengan praktik menulis teks eksplanasi; (2) pengumpulan data pemahaman kohesi koherensi paragraf menggunakan teknik tes dengan menjawab pertanyaan dari tes obyektif; (3) pengumpulan data kreativitas verbal menggunakan teknik tes dengan menjawab tes uraian berdasarkan indikator kreativitas verbal. Variabel tes menulis teks ekplanasi divalidasi dengan validasi isi dan validitas konstruk, sedangkan reliabilitasnya menggunakan reliabilitas ratings; validitas tes pemahaman kohesi koherensi paragraf menggunakan rumus koefisien korelasi point biserial dan reliabilitas menggunakan rumus KR-20. Validitas tes kreativitas verbal menggunakan validitas konstruk dan reliabilitas tidak diuji karena merupakan tes uraian yang tidak membutuhkan beberapa penilai. 
Hasil penelitian disimpulkan sebagai berikut: 1) ada hubungan positif yang signifikan antara pemahaman kohesi koherensi paragraf dan keterampilan menulis teks eksplanasi, 2) ada hubungan positif yang signifikan antara kreativitas verbal dan keterampilan menulis teks eksplanasi, dan 3) ada hubungan positif yang signifikan antara pemahaman kohesi koherensi paragraf dan kreativitas verbal secara bersama-sama dengan keterampilan menulis teks eksplanasi. 
Kata Kunci: keterampilan menulis teks eksplanasi, pemahaman kohesi koherensi paragraf, kreativitas verbal 

 

×
Penulis Utama : Domas Sugrahita Harja Susetya
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S841502004
Tahun : 2016
Judul : Hubungan antara pemahaman kohesi koherensi paragraf dan kreativitas verbal dengan keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas xi sma negeri Kabupaten Probolinggo
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2016
Program Studi : S-2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Pendidikan Bahasa Indonesia-S.841502004-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Kundharu Saddhono. S.S.,M.Hum
2. Dr. Budhi Setiawan, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.