Penulis Utama : Lia Islamiati Haryanto
NIM / NIP : K7412105
×

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan motivasi dan hasil belajar pengantar akuntansi melalui model joyful learning berbantu metode time token arends pada siswa jurusan akuntansi SMK Negeri 1 Surakarta Tahun 2016. 
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, dimana dalam setiap siklus terdiri dari empat tahapan: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X AK 1 SMK Negeri 1 Surakarta dengan jumlah 31 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, angket, observasi, dan dokumentasi. Teknik uji validitas data menggunakan triangulasi penyidik. Data kualitatif dianalisis menggunakan teknik analisis kritis, sedangkan data kuantitatif dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif. 
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa (1) model pembelajaran joyful learning berbantu metode time token arends dapat meningkatkan motivasi siswa kelas X AK 1 SMK Negeri 1 Surakarta tahun 2016. Hal ini terbukti dengan meningkatnya motivasi siswa di setiap siklus, dimana pada kegiatan pratindakan tidak terdapat siswa yang memiliki motivasi kategori baik dan sangat baik. Pada siklus I, jumlah siswa yang memiliki motivasi baik meningkat menjadi 35,48%. Pada siklus II, jumlah siswa yang memiliki motivasi baik dan sangat baik sebesar 100%. (2) model pembelajaran joyful learning berbantu metode time token arends dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas X AK 1 SMK Negeri 1 Surakarta tahun 2016. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya hasil belajar siswa di setiap siklus. Pada kegiatan pratindakan hanya terdapat 2 dari 31 siswa (6,45%) yang dapat mencapai KKM, sedangkan sisanya sebanyak 29 siswa (93,55%) belum dapat mencapai KKM. Pada siklus I, hasil belajar meningkat dengan jumlah siswa yang mencapai KKM sebanyak 22 siswa (70,97%) dan sisanya 9 siswa (29,03%) belum dapat mencapai KKM. Pada siklus II, hasil belajar kembali meningkat dengan jumlah siswa yang berhasil mencapai KKM sebanyak 28 siswa (90,32%), dan sisanya 3 siswa (9,68%) belum dapat mencapai KKM. 
Kata kunci: joyful learning, time token arends, motivasi belajar, hasil belajar, pengantar akuntansi.

 

×
Penulis Utama : Lia Islamiati Haryanto
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7412105
Tahun : 2016
Judul : Upaya peningkatan motivasi dan hasil belajar pengantar akuntansi melalui model joyful learning berbantu metode time token arends pada siswa jurusan akuntansi smk negeri 1 Surakarta tahun 2016
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Ekonomi Akuntansi
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Akuntansi-K.7412105-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Sigit Santosa, M. Pd
2. Jaryanto, S. Pd. M. Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.