Penulis Utama : Andi Basuki
NIM / NIP : S991308006
×

Tujuan penelitian ini adalah 1) Mengembangkan modul pembelajaran berbasis ASSURE pada mata pelajaran kewirausahaan kelas X Pemasaran SMK PSM 1 Kedunggalar; 2) Menguji validitas modul pembelajaran berbasis ASSURE pada mata pelajaran kewirausahaan kelas X Pemasaran SMK PSM 1 Kedunggalar; 3) Menganalisis keefektifan modul pembelajaran berbasis ASSURE terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran kewirausahaan kelas X Pemasaran SMK PSM 1 Kedunggalar. 
Penelitian pengembangan ini menggunakan prosedur Borg and Gall yang dimodifikasi yang terdiri 8 tahap yaitu 1) Penelitian pendahuluan dan pengumpulan informasi; 2) Perencanaan; 3) Pengembangan bentuk produk awal; 4) Uji coba kelompok kecil; 5) Revisi hasil uji coba; 6) Uji coba produk lebih luas; 7) Revisi terhadap produk akhir; 8) Uji coba lapangan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Pemasaran SMK PSM 1 Kedunggalar Tahun Pelajaran 2015/2016 sebanyak 40 siswa. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis keefektifan modul melalui t-test. 
Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Modul kewirausahaan yang dikembangkan didesain menggunakan langkah ASSURE dengan memasukan rancangan pembelajaran dalam modul dengan menentukan metode, media dan materi yang akan digunakan dalam kegiatan belajar siswa. Penyusunan modul diarahkan agar siswa dapat belajar secara mandiri dan mampu meningkatkan siswa untuk berfikir secara kritis dan kreatif sehingga kegiatan belajar siswa semakin efektif; 2) Hasil nilai dari validator ahli materi mencapai 88,1% dengan kategori sangat baik yang berarti modul valid dan layak digunakan, hasil nilai dari validator ahli media mencapai 89,2% dengan kategori sangat baik yang berarti modul valid dan layak digunakan dan hasil nilai dari validator ahli praktisi mencapai 89,90% dengan kategori sangat baik berarti modul valid dan layak digunakan; 3) Keefektifan penerapan modul kewirausahaan berbasis ASSURE diperoleh nilai t hitung sebesar 8,795 dan nilai signifikansi sebesar 0,00. Hal ini menunjukkan modul pembelajaran kewirausahaan berbasis ASSURE efektif dalam peningkatan hasil belajar siswa. 
Kata Kunci: pengembangan, modul, model ASSURE, hasil belajar. 

 

×
Penulis Utama : Andi Basuki
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S991308006
Tahun : 2016
Judul : Pengembangan modul pembelajaran berbasis assure untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran kewirausahaan kelas x pemasaran smk pesantren sabilil muttaqien 1 Kedunggalar Ngawi tahun pelajaran 2015/2016
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2016
Program Studi : S-2 Pendidikan Ekonomi
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Pendidikan Ekonomi-S.991308006-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Trisno Martono, M.M
2. Dr. Susilaningsih, M.Bus
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.