Penulis Utama : Natisya Ulfah Zhafira
NIM / NIP : C0511022
×

Penelitian ini merupakan penelitian sejarah yang berusaha mendeskripsikan serta menganalisa tentang aktivitas Gerakan Pramuka di Jakarta tahun 1974-1983. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Bagaimana sejarah perubahan nama Pandu menjadi Gerakan Pramuka, (2) Bagaimana perkembangan Gerakan Pramuka di Jakarta, dan (3) Peranan Gerakan Pramuka bagi para pemuda pelajar dan masyarakat Jakarta. Langkah-langkah yang dilakukan dalam penelitian ini meliputi heuristik, kritik sumber, interpretasi/penafsiran, dan historiografi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, studi dokumen, dan studi pustaka. Dari hasil pengumpulan data, kemudian dianalisa dan interpretasikan berdasarkan kronologisnya. 
Hasil penelitian ini menunjukan kepanduan yang dicetuskan oleh Baden Powell membawa dampak yang luar biasa bagi organisasi kepemudaan di Indonesia pada zaman penjajahan Belanda. Para pemuda tersadar dan mulai membentuk kepanduannya sendiri. Semakin lama, kepanduan semakin bertambah banyak sehingga timbul beberapa gejolak. Pada akhirnya, Presiden Soekarno melebur seluruh Organisasi Kepanduan menjadi satu dengan nama Gerakan Pramuka. Perubahan nama yang disahkan oleh Soekarno yaitu dari Pandu menjadi Gerakan Pramuka membawa perubahan yang besar. Tidak hanya pada nama, tetapi ikut mengubah seluruh tatanan dan kegiatan di dalam organisasi tersebut yang terlampir dalam AD-ART Gerakan Pramuka yang dikeluarkan oleh Kwartir Nasional Gerakan Indonesia selaku pelaksana yang bertugas mengatur dan mengelola kegiatan Pramuka. 
Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas atau kegiatan Pramuka di masa pemerintahan Soeharto maju pesat, banyak pemuda pelajar yang menjadi anggota Gerakan Pramuka dan diimbangi dengan kualitas para Pembina. Banyak sekali kegiatan yang dilakukan Gerakan Pramuka Jakarta terutama dalam bidang pendidikan dan sosial. Di bidang pendidikan bertujuan menjadikan pemuda Indonesia pemimpin di masa mendatang yang memiliki sifat nasionalis dan patriotis. Sementara di bidang sosial atau pembangunan masyarakat, Gerakan Pramuka turun tangan dalam membantu kesejahteraan masyarakat yang sejalan dengan program pemerintah masa Soeharto saat itu. 
Kata Kunci : Baden Powell, Kepanduan, Soeharto 

 

×
Penulis Utama : Natisya Ulfah Zhafira
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C0511022
Tahun : 2016
Judul : Aktivitas gerakan pramuka di Jakarta tahun 1974-1983
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Ilmu Budaya - 2016
Program Studi : S-1 Ilmu Sejarah
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Ilmu Budaya Jur. Ilmu Sejarah-C.0511022-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Tundjung Wahadi Sutirto, M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.