Penulis Utama : Magdalena Almia Lukisanti
NIM / NIP : K6412045
×

Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui persepsi masyarakat Kota Kudus terhadap tradisi Buka Luwur kaitannya dengan upaya penguatan karakter bangsa, (2) Untuk mengetahui proses transformasi nilai-nilai tradisi Buka Luwur sebagai upaya penguatan karakter bangsa di Kota Kudus, (3) Untuk mengetahui faktor-faktor penunjang dan hambatannya dalam proses transformasi nilai-nilai kearifan lokal tradisi Buka Luwur sebagai upaya penguatan karakter bangsa di Kota Kudus, (4) Untuk mengetahui dampak dari proses transformasi nilai-nilai kearifan lokal tradisi Buka Luwur sebagai upaya penguatan karakter bangsa di Kota Kudus. 
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan bentuk penelitian deskriptif. Sumber data yang digunakan terdiri dari: informan, observasi, dan dokumen. Teknik sampling yang digunakan sampel bertujuan (purposive sampling). Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Validitas data yang digunakan adalah trianggulasi data dan trianggulasi metode. Analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif (interactive of analysis), yakni terdiri dari empat komponen utama yaitu: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. 
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Menurut sebagian besar masyarakat Desa Kauman menganggap bahwa tradisi Buka Luwur adalah salah satu tradisi yang sakral, tradisi Buka Luwur dianggap suatu kewajiban bagi masyarakat Desa Kauman, nilai-nilai yang terkandung dalam tradisi Buka Luwur dianggap istimewa oleh masyarakat Desa Kauman (2) Prosesnya melalui sosialisasi oleh pemerintah daerah, pembinaan masyarakat agar semua masyarakat mengikuti tradisi Buka Luwur, peran serta masyarakat dalam melaksanakan tradisi Buka Luwur, dan orang tua mengajari anak sedari kecil untuk mengikuti tradisi Buka Luwur. (3) faktor penunjang yaitu: dukungan dari pemerintah daerah, tingkat keaktifan masyarakat dalam mengikuti tradisi Buka Luwur, ciri khas Kota Kudus sebagai kota wali yang mendorong masyarakat memperingati tradisi Buka Luwur. Hambatannya: adanya pengaruh budaya asing yang masuk ke Kota Kudus, kurangnya kesadaran generasi muda terhadap sejarah tradisi Buka Luwur. (4) Dampaknya yaitu: Pengimplementasian nilai-nilai yang terkandung dalam tradisi Buka Luwur dijadikan acuan, pedoman, dan pegangan dalam bertingkah laku, Dengan adanya transformasi nilai kearifan lokal pada tradisi Buka Luwur membuat masyarakat mencintai daerahnya sendiri, Dengan adanya transformasi nilai kearifan lokal pada tradisi Buka Luwur meningkatkan kepekaan sosial masyarakat yang mengajarkan kita untuk saling berbagi, Dengan adanya transformasi nilai kearifan lokal pada tradisi Buka Luwur dapat meningkatkan kerjasama masyarakat untuk saling gotong royong dalam mengadakan acara tradisi tersebut. 
Kata Kunci: Penguatan Karakter Bangsa, Kearifan Lokal, Tradisi Buka Luwur. 

 

×
Penulis Utama : Magdalena Almia Lukisanti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K6412045
Tahun : 2016
Judul : Penguatan karakter bangsa melalui transformasi nilai-nilai kearifan lokal (studi kasus tradisi buka luwur di Kota Kudus)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan-K.6412045-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Rima Vien Permata Hartanto, SH, M.H.
2. Dr. Rusnaini M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.