Penulis Utama : Erna Gesti Fadrusiana
NIM / NIP : K6412025
×

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Bagaimana kompetensi guru PPKn dalam pelaksanaan penilaian psikomotor. 2) Apa sajakah faktor penghambat yang dialami oleh guru PPKn dalam melaksanakan penilaian psikomotor terhadap peserta didik di SMP Negeri 3 Kebakkramat. 
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data diperoleh dari informan, tempat, peristiwa dan dokumen. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk memperoleh dan menyusun data penelitian ini adalah dengan wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Validitas data menggunakan trianggulasi data dan trianggulasi metode. Analisis data menggunakan model analisis interaktif. Adapun prosedur penelitian dengan langkah-langkah sebagai berikut: (1) Tahap Pra Penelitian, (2) Tahap Pekerjaan Lapangan, (3) Tahap Analisis Data, (4) Tahap Penyusunan Laporan Penelitian. 
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa: 1) Kompetensi pedagogik guru PPKn dalam melaksanakan penilaian sudah dilakukan, namun belum semua butir penjabaran dari tiap indikator dilakukan oleh guru PPKn. Pada indikator menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar, guru PPKn belum melakukan administrasi penilaian proses dan hasil belajar secara berkesinambungan dengan menggunakan berbagai instrumen. Untuk indikator memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi untuk kepentingan pembelajaran, guru PPKn sudah melaksanakannya dengan baik. Serta pada indikator melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran, guru PPKn sudah melakukan tetapi guru PPKn belum melakukan penelitian tindakan kelas yang telah didapatkan dari hasil refleksi tersebut untuk meningkatkan pembelajaran dalam mata pelajaran PPKn. Sedangkan untuk penilaian psikomotor, ditunjukkan dari belum sesuainya pembuatan RPP dengan pelaksanaannya di kelas. Guru mencantumkan penilaian psikomotor pada RPP namun belum dapat melaksanakan penilaian tersebut saaat pembelajaran. Guru PPKn dalam penilaian psikomotor menggunakan teknik penilaian unjuk kerja, portofolio, dan pengamatan (observasi) atau penilaian diri ; 2) Faktor penghambat yang dialami guru PPKn dalam melaksanakan penilaian psikomotor diantaranya: terkendala waktu, sulit menentukan indikator serta aspek penilaian sesuai materi pembelajaran, jumlah peserta didik cukup banyak, menggunakan bahan ajar kognitivistik dan model pembelajaran konvensional. 
Kata kunci: Kompetensi Pedagogik, Penilaian Psikomotor, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. 

 

×
Penulis Utama : Erna Gesti Fadrusiana
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K6412025
Tahun : 2016
Judul : Studi evaluasi tentang kompetensi pedagogik guru pendidikan pancasila dan kewarganegaraan dalam pelaksanaan penilaian psikomotor (Studi di Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Kebakkramat Karanganyar)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan-K.6412025-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Rusnaini, M.Si
2. Muh Hendri Nuryadi, S.Pd, M.Sc
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.