Penulis Utama : Guntur Susilo
NIM / NIP : K2512037
×

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar (afektif, kognitif, dan psikomotorik) praktik membubut mahasiswa yang diajarkan dengan menggunakan media pembelajaran Work Preparation Sheet (WPS) dan tanpa Work Preparation Sheet (WPS) pada mata kuliah Praktik Pemesinan Pendidikan Teknik Mesin Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret. 
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian True Experimental Design dalam pelaksanaannya menggunakan jenis Posttest-Only Control Design yang membandingkan kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Mesin (PTM) tahun akademik 2014 yang terbagi menjadi 4 kelompok praktik. Sampel dalam penelitian ini yakni kelompok praktik 1 dan kelompok praktik 4 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 33 mahasiswa, serta kelompok praktik 2 dan kelompok praktik 3 sebagai kelas kontrol dengan jumlah 33 mahasiswa. Penelitian ini menggunakan Simple Random Sampling. Pengumpulan data dilaksanakan dengan teknik tes yang berupa hasil praktik membubut. 
Hasil penelitian ini menunjukkan pembelajaran menggunakan Work Preparation Sheet (WPS) (kelas eksperimen) diperoleh rata-rata nilai praktik membubut sebesar 87,36, sedangkan pembelajaran tanpa menggunakan Work Preparation Sheet (WPS) (kelas kontrol) diperoleh rata-rata nilai praktik membubut sebesar 84,93. Dari hasil tersebut dapat diartikan bahwa terdapat perbedaaan hasil belajar praktik membubut antara kelas yang menggunakan media pembelajaran Work Preparation Sheet (WPS) dan kelas tidak menggunakan Work Preparation Sheet (WPS) saat praktik membubut. Perbedaan ditunjukkan dengan harga thitung lebih besar daripada harga ttabel pada taraf signifikasi 5% , hasil perhitungan diperoleh thitung sebesar 2,3452 > ttabel sebesar 1,9973 (2,3452 >1,9973). Perbedaan ditunjukkan pula dengan hasil pengujian pada program SPSS dengan taraf signifikasi 5 % harga Sig. (2-tailed) lebih kecil dari 0,05, tabel menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) < 0,05 atau 0,000 < 0,05. Hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar praktik antara dua kelas. 
Kata Kunci: Work Preparation Sheet, Praktik Pemesinan, Hasil Belajar praktik. 

 

×
Penulis Utama : Guntur Susilo
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K2512037
Tahun : 2016
Judul : Pengaruh penggunaan media pembelajaran work preparation sheet (wps) terhadap hasil praktik membubut pada mata kuliah praktik pemesinan ptm fkip uns
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Teknik Mesin
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Teknik Mesin-K.2512037-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Danar Susilo Wijayanto, S.T., M.Eng
2. Dr. Eng. NyenyepSriwardani, S.T., M.T.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.