Penulis Utama : Puji Hendarto
NIM / NIP : K4312051
×

Tujuan dilaksanakan penelitian ini adalah untuk mengubah kemampuan berargumentasi siswa kelas XI SMA melalui penerapan desain pembelajaran sistem respirasi berbasis guided inquiry learning diapadu assessment for learning. 
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus, dari bulan Februari hingga April 2016. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI SMA tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 31 siswa. Data penelitian diperoleh melalui tes essay, lembar observasi, dan wawancara. Data utama kemampuan berargumentasi siswa diukur dengan indikator yaitu claim, reasoning dan evidence diukur menggunakan tes argumentative skill berupa soal uraian yang disusun peneliti sesuai kecukupan setiap indikator. Teknik analisis data adalah dengan teknik analisis deskriptif. Validasi data dengan menggunakan teknik triangulasi. Prosedur penelitian menggunakan metode spiral Kemmis dan Mc.Taggart. 
Hasil penelitian menunjukan penerapan desain pembelajaran sistem respirasi berbasis guided inquiry learning dipadu assessment for learning dapat mengubah kemampuan berargumentasi siswa kelas XI SMA. Hasil kemampuan berargumentasi siswa pra siklus pada aspek claim sebesar 42,9%, aspek reasoning sebesar 32,9% dan aspek evidence sebesar 20,32%. Siklus I pada aspek claim sebesar 80,64%, aspek reasoning sebesar 64,51% dan aspek evidence sebesar 45,16%. Siklus II pada aspek claim seebesar 100%, aspek reasoning sebesar 77,41% dan aspek evidence sebesar 70,96%. Siklus III pada aspek claim sebesar 100%, aspek reasoning sebesar 90,32% dan aspek evidence sebesar 87,09%. 
Kata Kunci : Desain Pembelajaran Berbasis Guided Inquiry Learning, Kemampuan Berargumentasi, Assessment for Learning 

 

×
Penulis Utama : Puji Hendarto
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4312051
Tahun : 2016
Judul : Penerapan desain pembelajaran sistem respirasi berbasis guided inquiry learning dipadu afl untuk mengubah kemampuan berargumentasi siswa kelas xi sma
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Biologi
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendididikan Biologi-K.4312051-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Ir. Yudi Rinanto, MP
2. Murni Ramli, S.P, M,Si.,Ed.D
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.