Penulis Utama : Sri Sulastri Natalia
NIM / NIP : K1312068
×

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) tingkat pemahaman siswa dengan minat belajar tinggi berdasarkan teori APOS pada materi persamaan kuadrat; (2) tingkat pemahaman siswa dengan minat belajar sedang berdasarkan teori APOS pada materi persamaan kuadrat; dan (3) tingkat pemahaman siswa dengan minat belajar rendah berdasarkan teori APOS pada materi persamaan kuadrat. 
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Sumber data pada penelitian ini adalah kata-kata dan tindakan dari responden. Penentuan subyek penelitian dilakukan dengan cara memilih dua orang siswa dari masing-masing kategori minat belajar. Subjek penelitian dipilih dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Pengumpulan data dilaksanakan dengan metode angket untuk data minat belajar siswa dan metode wawancara berbasis tugas untuk data tingkat pemahaman siswa berdasarkan teori APOS. Instrumen utama pada penelitian ini adalah peneliti itu sendiri dibantu dengan tiga instrumen bantu yaitu angket, tes tertulis dan pedoman wawancara. Pemeriksaan keabsahan data pada penelitian ini menggunakan triangulasi waktu. Data yang telah terkumpul akan dianalisis dengan menggunakan analisis data nonstatistik karena penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. 
Dari penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut : (1) subjek dengan minat belajar tinggi berada pada tingkat pemahaman skema. Subjek mampu merancang model matematika dari suatu permasalahan matematika yang berkaitan dengan persamaan kuadrat, kemudian mencari pemecahannya dengan menggunakan berbagai aturan atau rumus yang perlu dilibatkan dalam mencari penyelesaiannya. Subjek mampu mengkaitkan hubungan antara konsep persamaan kuadrat dengan konsep-konsep yang lain (aljabar, geometri, dll); (2) subjek dengan minat belajar sedang berada pada tingkat pemahaman proses. Subjek mampu mencari penyelesaian persamaan yang tidak langsung disajikan dalam bentuk umum persamaan kuadrat tanpa harus mengubahnya ke bentuk umum persamaan kuadrat terlebih dahulu; dan (3) subjek dengan minat belajar rendah berada pada tingkat pemahaman aksi. Subjek hanya mampu menyelesaikan persamaan yang disajikan dalam bentuk umum persamaan kuadrat yaitu ax2 + bx + c = 0 dengan a,b,c ∈? dan a ≠ 0. Jika persamaan tidak disajikan dalam bentuk umum persamaan kuadrat maka subjek langsung mengubah persamaan tersebut ke bentuk umum persamaan kuadrat terlebih dahulu atau langsung menerapkan cara lain yang sudah pernah dicontohkan oleh guru tetapi belum dapat menjelaskan prosesnya. 
Kata kunci: Minat Belajar, Persamaan Kuadrat, Teori APOS, Tingkat Pemahaman. 

 

×
Penulis Utama : Sri Sulastri Natalia
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1312068
Tahun : 2016
Judul : Analisis tingkat pemahaman siswa berdasarkan teori apos pada materi persamaan kuadrat ditinjau dari minat belajar siswa kelas x sma negeri 2 Surakarta tahun ajaran 2015/2016
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Matematika
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Matematika-K.1312068-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Ponco Sujatmiko, M.Si
2. Henny Ekana Chrisnawati, S.Si., M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.