Penulis Utama : Titin Nurfiatin
NIM / NIP : K7412173
×

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Strategi Pemasaran siswa kelas X PM 1 SMK Negeri 6 Surakarta tahun ajaran 2015/2016 melalui model pembelajaran kolaboratif disertai strategi quantum teaching. 
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilakukan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas X PM 1 SMK N 6 Surakarta yang berjumlah 30 siswa. Sumber data berasal dari guru, siswa dan dokumen. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Validitas data dengan teknik triangulasi sumber. Teknik analisis data dengan analisis data kuantitatif, kualitatif dan deskriptif komparatif. 
Berdasarkan hasil analisis terjadi peningkatan yang signifikan dari hasil pembelajaran prasiklus ke siklus I menuju siklus II. Hal ini dapat dilihat pada hasil belajar akhir siswa persentase ketuntasan 46,67% atau 14 siswa. Pada siklus I saat diterapkan pembelajaran kolaboratif disertai strategi quantum teaching persentase hasil belajar akhir siswa meningkat 70% atau 21 siswa. Kemudian pada siklus II terjadi peningkatan lagi pada hasil belajar akhir siswa menjadi 86,67% atau 26 siswa. 
Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa melalui model pembelajaran kolaboratif disertai strategi quantum teaching siswa lebih berpartisipasi aktif, menyenangkan dan hasil belajar mengalami peningkatan sehingga penerapan model pembelajaran kolaboratif disertai strategi quantum teaching dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Strategi Pemasaran kelas X PM 1 SMK Negeri 6 Surakarta. 
Kata kunci: pembelajaran kolaboratif, quantum teaching, hasil belajar 

 

×
Penulis Utama : Titin Nurfiatin
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7412173
Tahun : 2016
Judul : Penerapan model pembelajaran kolaboratif disertai strategi quantum teaching untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas x pm 1 smk negeri 6 surakarta tahun ajaran 2015/2016
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Ekonomi Akuntansi
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Ekonomi-K.7412173-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Sunarto, M.M
2. Sudarno, S.Pd., M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.