Penulis Utama : Bejo Priyanto
NIM / NIP : I8313010
×

ABSTRAK 

BEJO PRIYANTO, CHANDRA ARIEF ROHMANSYAH, 2016, “PEMBUATAN MODUL PRAKTIKUM KARAKTERISASI RANGKAIAN POMPA” PROGRAM STUDI D3 TEKNIK KIMIA, FAKULTAS TEKNIK, UNIVERSITAS SEBELAS MARET, SURAKARTA.

 Peran pompa dalam suatu industri merupakan suatu kegiatan yang penting dalam suatu proses. Dengan mengetahui karakterisasi pompa, kita dapat mengetahui susunan pompa yang sesuai untuk digunakan dalam keperluan tertentu. Selain itu juga dapat menopang perpanjangan umur dan meningkatkan produktivitas peralatan yang dipakai. Penggunaan pompa yang kurang ditangani dengan baik akan mengakibatkan gangguan yang dapat menghambat proses industri yang telah dilakukan.

Tujuan tugas akhir ini adalah menentukan hubungan debit dan head pada suatu rangkaian pompa. Selain itu juga untuk mengetahui susunan pompa yang sesuai untuk keperluan tertentu, seperti pemilihan penggunaan rangkaian pompa tunggal, pompa seri, maupun pompa pararel.

  Pompa adalah suatu jenis mesin yang berfungsi untuk memindahkan cairan dari suatu tempat ke tempat yang lain. Pompa yang digunakan adalah pompa sentrifugal yang memiliki energi kinetik, energi potensial, dan energi kerja. Energi- energi tersebut digunakan untuk melawan gesekan fluida yang dihasilkan.

  Dalam percobaan ini digunakan susunan pompa tunggal, seri, dan pararel. Setelah susunan pompa terangkai kemudian dilakukan pengaturan derajat pembukaan kran untuk mendapatkan tekanan aliran yang diinginkan sehingga diperoleh debit dan head dari susunan rangkaian pompa tersebut.

 Aplikasi dari pembuatan modul praktikum karakterisasi rangkaian pompa ini adalah sebagai alat praktikum untuk melihat karakterisasi pompa sentrifugal dengan pengoperasian sistem tunggal, seri, dan pararel.

 Kesimpulan dari hasil analisa ini adalah bahwa pemakaian pompa pararel lebih efektif digunakan untuk mendapatkan debit cairan yang besar, pemakaian pompa seri digunakan untuk mendapatkan head yang tinggi, sedangkan pemakaian pompa tunggal digunakan untuk penggunaan sesuai spesifikasi pompa.

 

×
Penulis Utama : Bejo Priyanto
Penulis Tambahan : 1. Chandra Arief Rohmansyah I8313011
2.
NIM / NIP : I8313010
Tahun : 2016
Judul : Pembuatan Modul Praktikum Penentuan Karakterisasi Rangkaian Pompa
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak.Teknik - 2016
Program Studi : D-3 Teknik Kimia Produksi
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak.Teknik Jur.Teknik Kimia - I8313010 - 2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Mujtahid Kaavessina, S.T., M.T., Ph.D
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.