Penulis Utama : Rizki Sukma Hapsari
NIM / NIP : S351408039
×

ABSTRAK 

 

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui dan menganalis tentang pelaksanaan tanggungjawab PT. Pegadaian (Persero) dalam hal terjadi kerusakan atau kehilangan barang yang dijaminkan dalam perjanjian kredit dengan jaminan gadai di PT. Pegadaian (Persero) Kota Madiun dan mengetahui dan menganalis  tentang upaya hukum yang dapat dilakukan oleh nasabah jika terjadi wanprestasi dari PT. Pegadaian (Persero).

Metode penelitian hukum yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian hukum empiris, yaitu  penelitian hukum yang objek kajiannya meliputi ketentuan dan mengenai pemberlakuan atau implementasi ketentuan hukum normatif pada setiap peristiwa hukum yang terjadi di kehidupan masyarakat.

Hasil penelitian menunjukan bahwa PT. Pegadaian (Persero) bertanggung jawab untuk menanggung risiko dalam hal terjadi kerugian yang dialami nasabah atas barang jaminan gadai yang dititipkan. Hal tersebut memang seharusnya dilakukan karena dalam perjanjian gadai barang jaminan berada dalam kekuasaan PT. Pegadaian (Persero). Risiko yang ditanggung oleh PT. Pegadaian (Persero) adalah tidak termasuk kerugian yang ditimbulkan karena force majeur.

Upaya hukum yang ditempuh oleh nasabah jika terjadi wanprestasi dari PT. Pegadaian (Persero) adalah menyelesaikan sengketa melalui jalur musyawarah. Tetapi jika dengan musyawarah tidak selesai, maka persengketaan ini dapat dilakukan melalui lembaga mediasi untuk segera mendapatkan solusi yang baik. Bila jalur mediasi tidak juga mendapatkan hasil, maka jalur paling akhir yang harus ditempuh adalah jalur Pengadilan.

Kata Kunci : Perlindungan Hukum, Perjanjian Kredit, Jaminan Gadai.

×
Penulis Utama : Rizki Sukma Hapsari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S351408039
Tahun : 2016
Judul : Perlindungan Hukum Terhadap Nasabah Dalam Hal Terjadinya Kerusakan Atau Kehilangan Barang Jaminan Di PT. Pegadaian (Persero) Kota Madiun
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2016
Program Studi : S-2 Kenotariatan
Kolasi :
Sumber : UNS - Pascasarjana Jur.Kenotariatan - S351408039 - 2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. M. Hudi Asrori, S.H., M.Hum
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.