Penulis Utama : Rosdiana
NIM / NIP : S861408043
×

ABSTRAK 

Rosdiana. S861408043. 2016. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning, Inquiri dan Konvensional terhadap Prestasi Belajar Sejarah Ditinjau Dari Minat Belajar Siswa (Studi Eksperimental Kelas XI SMA Negeri Unggulan di Kabupaten Bima Tahun Pelajaran 2015/2016. Tesis. Pembimbing I: Dr. Djono, M.Pd. Pembimbing II: Dr. Akhmad Arif Musadad, M.Pd. Program Studi Pendidikan Sejarah, Program Pascasarjana, Universitas Sebelas Maret Surakarta.

       Penelitin ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Perbedaan pengaruh antara penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning, model pembelajaran Inquiri dan model pembelajaran Konvensional terhadap prestasi belajar sejarah,  (2) Perbedaan pengaruh antara siswa yang memiliki minat belajar tinggi dan minat belajar rendah terhadap prestasi belajar sejarah, (3) Interaksi pengaruh antara penggunaan model pembelajaran dengan minat belajar terhadap prestasi belajar sejarah.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Negeri Unggulan di Kabupaten Bima-NTB tahun ajaran 2015/2016. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Sampel penelitian ini berjumlah 84 siswa, dengan rincian 30 siswa kelas eksperimen Problem Based Learning, 24 siswa kelas eksperimen Inquiry di SMA Negeri 1 Madapangga dan 30 siswa kelas kontrol Konvensional di SMA Negeri 1 Bolo. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket minat dan tes prestasi belajar sejarah. Uji coba instrumen tes meliputi validitas isi, tingkat kesukaran, daya pembeda dan reliabilitas. Uji coba instrumen angket minat meliputi validitas isi, konsistensi internal dan reliabilitas. Uji prasayarat meliputi uji normalitas dan homogenitas. Pengujian hipotesis menggunakan analisis variansi dua jalan 3x2 dengan sel tak sama.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan pengaruh antara penggunaaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL), model pembelajaran Inquiri dan pembelajaran konvensional terhadap prestasi belajar sejarah pada siswa di SMA Negeri Unggulan di Kabupaten Bima-NTB. Hal ini dibuktikan dengan Fhitung > Ftabel (5,562>2,33) pada taraf signifikansi 5%. (2) Terdapat perbedaan pengaruh antara siswa yang memiliki minat belajar tinggi dan siswa yang memiliki minat belajar rendah terhadap prestasi belajar sejarah siswa. Hal ini dibuktikan dengan Fhitung > Ftabel (103,243>2,33) pada taraf signifikansi 5%. (3) Tidak terdapat interaksi secara signifikan antara model pembelajaran dan minat belajar terhadap prestasi belajar sejarah. Hal ini dibuktikan dengan Fhitung < Ftabel (1,577<2,33) pada taraf signifikansi 5%.

Kata kunci: Problem Based Learning, Inquiri, Konvensional, Prestasi Belajar  sejarah, Minat Belajar.

×
Penulis Utama : Rosdiana
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S861408043
Tahun : 2016
Judul : Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning, Inquiri Dan Konvensional Terhadap Prestasi Belajar Sejarah Ditinjau Dari Minat Belajar Siswa (Studi Eksperimental Kelas XI SMA Negeri Unggulan di Kabupaten Bima Tahun Pelajaran 2015/2016)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak.KIP - 2016
Program Studi : S-2 Pendidikan Sejarah
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak.KIP Jur.Pendidikan Sejarah - S861408043 - 2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Djono, M.Pd
2. Dr. Akhmad Arif Musadad, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.