Penulis Utama : Ikhwanur Rizki
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I8713021
Tahun : 2016
Judul : Perancangan Penyaluran Air Limbah Domestik Di Kawasan Kumuh Karanganyar Kecamatan Karanganyar
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak.Teknik - 2016
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak.Teknik Jur.Teknik Sipil - I8713021 - 2016
Subyek : KAWASAN KUMUH
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK 

IKHWANUR RIZKI. 2013. “PERANCANGAN PENYALURAN AIR LIMBAH DOMESTIK DI KAWASAN KUMUH KARANGANYAR KECAMATAN KARANGANYAR”. Tugas Akhir, Program Diploma III Teknik Sipil Infrastruktur Perkotaan, Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Berdasarkan data DPU Kabupaten Karanganyar Kawasan Kumuh Karanganyar ditetapkan sebagai kawasan kumuh. Masalah kompleks permukiman kumuh yang kurang menjadi perhatian banyak orang bahkan pemerintah adalah air limbah domestik yang dihasilkan dari kegiatan penduduk dan perkembangan bangunan di kawasan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menilai kondisi kawasan kumuh tersebut dan merencanakan penyaluran air limbah domestik menuju IPAL Komunal Konvensional berserta dengan Rencana Anggaran Biaya (RAB).
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode wawancara pengamatan langsung, dan pengukuran di kawasan tersebut. Wawancara dan pengamatan dilakukan untuk mendapatkan data mengenai kondisi sanitasi lingkungan dikawasan tersebut. Sedangkan pengukuran dilakukan untuk mendapatkan jarak kawasan ke sungai, sehingga dapat menentukan panjang pipa yang akan digunakan. Data yang didapat kemudian dianalisis dengan cara menilai kondisi sanitasi lingkungan di kawasan tersebut. Dari hasil analisis dapat diketahui mengenai kondisi kawasan tersebut. Setelah menentukan kondisi kawasan tersebut maka dapat ditentukan rancangan penyaluran air limbah domestik dan rencana anggaran biaya yang dibutuhkan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kawasan Kumuh Karanganyar termasuk dalam kategori kawasan kumuh ringan. Penyaluran air limbah yang dirancang pada kawasan tersebut menggunakan sistem komunal (off-site system) yang berupa jaringan perpipaan dan IPAL Komunal Konvensional. Jaringan perpipaan terdiri dari pipa sekunder diameter 15 cm (6”)  panjang 808,3 m, pipa primer diameter 25 cm (10”) panjang 242,96 m, dan manhole diameter 75 cm dengan jarak antar manhole 55 m. Pada tangki IPAL memiliki volume 61 m3 dengan panjang 8 m, lebar 4 m, tinggi 2 m dan 0,3 m tinggi jagaan . Rencana Anggaran Biaya (RAB) untuk pembangunan jaringan perpipaan dan IPAL Komunal Konvensional sebesar Rp. 132.595.399,95.

Kata Kunci : Kawasan Kumuh, Air Limbah Domestik, IPAL Komunal Konvensional, Rencana Anggaran Biaya

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Doc196.pdf
Cover.pdf
bab 1.pdf
bab 2.pdf
bab 3.pdf
bab 4.pdf
bab 5.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ir. Sudarto, MS
2. Ir. Budi Utomo, MT
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik