Penulis Utama : Inggit Melinda Yuli Astuti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F3213031
Tahun : 2016
Judul : Evaluasi Saluran Distribusi Pada PT. Indofarma Global Medika Cabang Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak.Ekonomi dan Bisnis - 2016
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak.Ekonomi dan Bisnis Jur.Manajemen Pemasaran - F3213031 - 2016
Subyek : DISTRIBUSI
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK 

 

Distribusi  merupakan salah satu variabel didalam marketing mix yang sangat penting dilaksanakan oleh perusahaan dalam pemasaran produknya. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui proses saluran distribusi produk reguler pada PT. Indofarma Global Medika Cabang Surakarta dan hambatan apa yang muncul pada proses distribusi penyebab terjadinya komplain.

     Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain deskriptif yaitu dengan membuat suatu gambaran atau pendeskripsian suatu masalah yang diteliti. Data yang digunakan adalah data primer. Data primer diperoleh dengan wawancara langsung pada karyawan perusahaan.

     Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan didapatkan hasil proses saluran distribusi produk reguler. Dimulai dari sales yang memasarkan produknya ke outlet ( rumah sakit, apotek, toko obat ), outlet menerbitkan surat pesanan, surat pesanan diterima sales kemudian dicek dan diserahkan pada bagian fakturis untuk didaftarkan sales order (SO) dengan menerbitkan picking list (PL), setelah itu diserahkan pada bagian gudang untuk melakukan packing dan prosedur pemfakturan, setelah selesai barang diantar ke outlet oleh pengantar barang. Hambatan yang menyebabkan outlet komplain antara lain keterlambatan pengiriman barang ke outlet, kurangnya pegawai gudang. Cara menangani keterlambatan pengiriman dengan menambah pegawai gudang, mengadakan pelatihan untuk pegawai gudang, menjalin hubungan baik dengan supplier.

     Saran berdasarkan penelitian ini adalah PT. Indofarma Global Medika Cabang Surakarta harus menambah karyawan bagian gudang mengingat banyaknya orderan yang masuk, mengadakan pelatihan-pelatihan untuk pegawai gudang agar mereka menjadi pegawai yang cekatan, menjaga hubungan baik dengan supplier guna menjamin ketersediaan stok digudang.

Kata Kunci : distribusi, saluran distribusi, prosedur pendistribusian PT. Indofarma Global Medika Cab. Surakarta

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Doc211.pdf
Cover.pdf
bab 1.pdf
bab 2.pdf
bab 4.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Yeni Fajariyanti, SE, M.Si.,
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis