Penulis Utama : Esti Mulyaningsih
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : X.721I034
Tahun : 2016
Judul : Penerapan model quantum teaching dalam peningkatan hasil belajar ipa tentang cuaca untuk siswa kelas iii sd negeri Poncowarno tahun ajaran 2013/2014
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2016
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Guru Sekolah Dasar-X.721I034-2016
Subyek : QUANTUM TEACHING
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan penggunaan model pembelajaran Quantum Teaching dalam pembelajaran IPA pada siswa kelas III Sekolah Dasar; (2) Meningkatkan pembelajaran IPA pada siswa kelas III Sekolah Dasar dengan menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching, (3) mendeskripsikan kendala dan solusi model pembelajaran Quantum Teaching dalam peningkatan pembelajaran IPA pada siswa kelas III SD. 
Penelitian ini termasuk dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus, masing-masing siklus dua kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SD Negeri Poncowarno. Sumber data pada penelitian ini adalah guru, teman sejawat, dan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan tes hasil belajar. Validasi data dengan menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Analisis data yang dipergunakan adalah teknik deskriptif kualitatif yang didukung oleh data kuantitatif maupun data kualitatif. 
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model Quantum Teaching dalam peningkatan pembelajaran IPA tentang iklim dan cuaca kelas III SD Negeri Poncowarno mengalami peningkatan. Jumlah siswa yang mencapai nilai 70 pada siklus I sebanyak 58,82%, siklus II sebanyak 94,11%. 
Simpulan penelitian ini adalah (1) langkah-langkah penggunaan model Quantum Teaching dengan istilah TANDUR : a) tumbuhkan (T), b) alami (A), c) namai (N), d) demonstrasi (D), e) ulangi (U), f) rayakan (R); 2) kendala: a) pembentukan kelompok siswa menimbulkan kegaduhan, b) suasana kelas kurang kondusif, c) kegiatan eksperimen didominasi oleh anak yang aktif, d) siswa kesulitan menyimpulkan hasil eksperimen, e) siswa kurang percaya diri untuk mempresentasikan hasil eksperimen, Solusinya adalah: a) mengkondisikan siswa saat pembentukan kelompok agar siswa teratur dalam berkelompok dan membuat variasi pembentukan kelompok, b) mengkondisikan kelas dengan memberi arahan-arahan kepada siswa , c) membuat pembagian kerja yang jelas antar anggota kelompok, d) memberi kalimat petunjuk dalam LKS pada bagian kesimpulan, e) memberikan motivasi dan hadiah bagi kelompok yang mempresentasikan hasil eksperimen tanpa disuruh. 
Kata kunci: quantum teaching, IPA, iklim dan cuaca. 

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
HALAMAN DEPAN ESTI.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
IMG_20161225_0015.jpg
JURNAL OKEH esti (1).pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Kartika Chrysti S., M. Si.
2. Dra. Tri Saptuti S, M. Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP